Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi
Salsabila Khoirunisa(1*), Muhroji Muhroji(2), Riyani Wulandari(3), Anggia Suci Pratiwi(4)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Q., & Alifia, P. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (speech delay) pada Anak Ssia 6 tahun di RA An-Nuur Subang 8 (Vol. 1).
Aisyiyah, Heny, P., Rahmawati, K., & Kudus, I. (2018). Kegiatan Pengembangan Diri Da-lam Menggali Potensi Anak … 98 Konsel-ing Edukasi: Journal of Guidance and Counseling.
Allizaputri, A. I., Arroyantri Prananjaya, B., & Suryani, P. R. (2022). Faktor Risiko Angka Kejadian Depresi dan Kecemasan Pada Caregiver Anak Dengan Disabilitas Intel-ektual. In JKJ): Persatuan Perawat Na-sional Indonesia (Vol. 10).
Ayudia Faizzah, N., & Desvita Putri, N. P. (2023). Pola Komunikasi Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Tunas Kasih. Prosiding Seminar Nasional, 1622–1628. https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.163-172
Bahri, Dasar, P., Lestari, A., Setiawan, F., Agustin, E., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Desember, 2(6), 610. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin
Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604
Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (2018). Penera-pan Konseling Direktif Untuk Meningkat-kan Kepercayaan Diri Pada Korban Bully-ing di SDN Kenari Jakarta. https://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/download/217/pdf_13/1126
Damayanti. (2019). Pengaruh Konseling Ke-lompok Dengan Teknik. http://repository.radenintan.ac.id/8202/1/SKRIPSI.pdf
Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Prasetyo, H. J. (2022). Peningkatan Pema-haman Tentang Aktivitas Fisik untuk Anak Cerebral Palsy pada Guru Kelas dan Orang Tua. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdi-an Masyarakat, 6(1), 43–48. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3838
Eko Retnosari dan Rahayu Pujiastuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Jalan Dukuh Menanggal XII, I., Gayungan, K., Suraba-ya, K., & Timur, J. (n.d.). Maksim Kuanti-tas dan Maksim Kualitas Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Pada Anak Disabilitas Intelektual Quantity Maxim and Quality Maxim in Indonesian Speech of Children with Intellectual Disabilities. https://doi.org/10.26499/rnh/v9i2.4053
Farid Haebah, A., Sa, C., & Farid Haebah Pen-didikan Dasar, A. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Anak Berkebu-tuhan Khusus Tipe Celebral Palsy dalam Menyelesaikan Soal Matematika di Sekolah Inklusi. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Faridatul. (2023). Upaya Meningkatkan Ke-percayaan Diri Pada Anak Tunarungu Me-lalui Keterampilan Merias di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/17531/1/SITI%20FARIDATUL%20MAGHFIROH-D20183026.pdf
Fauzia. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay Pada Anak.
Fithriyana, R. (n.d.). Hubungan Kejadian Acne Vulgaris Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswi Kelas XI di SMAN 2 Bangkinang Ko-ta. http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/ners
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Ke-percayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182
Hanifah, S., Haer2, A. B., Widuri3, S., Santoso, B., Program, M., Sarjana, S., Sosial, K., Unpad, F., Csr, P. S., Sosial, K., & Masyarakat, P. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Men-jalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 3).
Ifalahma, D. (2023). Faktor Perkembangan Mo-rorik dan Perkembangan Kognitif Anak. https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.707-714
Istiqlal. (n.d.). Gangguan Keterlambatan Ber-bicara Speech Delay. 2021. https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026
Helmahera, B., Rosemary, R., & Rahmani, S. (2023). Analisis Komunikasi Interpersonal Proses Pembelajaran Guru Dalam Mening-katkan Kepercayaan Diri Siswa di SLB Negeri Bambi Kabupaten Pidie. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK (Vol. 3, Is-sue 8). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP
Hw, S., & Santosa, J. (2012). Revitalisasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Pasca Imple-mentasi Program Pendidikan Inklusi.
Kamil, N., & Jailani, J. (2018). Peningkatan Ra-sa Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing Dengan Pen-dekatan Saintifik. Profesi Pendidikan Da-sar, 5(2), 155-166.
Kusuma, R. S. (2017). Komunikasi antar pribadi sebagai solusi konflik pada hubungan remaja dan orang tua di SMK Batik 2 Sura-karta. Warta Lpm, 20(1), 49-54.
Liza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2214
Mareza, L. (2016). Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikolo-gi, 1(2).
Masni, H. (n.d.). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.104
Muttaqien, P. I. (2020). Implementasi Pendidi-kan Inklusif Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus: Sdn Gunung Lipung 4 Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Ilmu So-sial, 30(1), 28-38.
Muzakkir. (2020). Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Mengikuti Pendidikan Inklusi. 5(1), 24–32. https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/download/20660/13727
Nilawati, E., & Suryana, D. (n.d.). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) Dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/download/195/177
Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematikan Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya (Vol. 6, Issue 1). http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Nordin, M. N., Shafiai, S., & Johari, S. (2021). Stimulating Self-Confidence of Special Ed-ucation Students. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23156.07048
Nurfadillah, S., Riswanti, C., Mufliha, D., & Solatun, S. (n.d.). T S A Q O F A H Jurnal Penelitian Guru Indonesia Pendidikan Inklusi: Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Siswa SDN Sukasari 5.https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah
Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Susarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kedi-ri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi.
Pasaribu, R., Radiana, U., Wicaksana, L., & Salarasati, C. D. P. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYE-LENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMP NEGERI 4 JELAI HULU. Manajemen Pendidikan, 18(2), 165-176.
Pendidikan, J. I., Pembelajaran, D., Yuniari, N. M., Gusti, I., Indah, A., & Juliari, T. (n.d.). Strategi Terapis Wicara Yang Dapat Dit-erapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29190
Ratri Desiningrum, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. https://core.ac.uk/download/pdf/76939829.pdf
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Rizal, Y. K., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Model Pengembangan Karakter Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci. In All rights reserved (Vol. 8, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Salah, B. M., Sakher, S., Darawsheh, S. R., Quraann, E. A., Zaghlool, Z. D. M., Alkhawaldeh, M. A., Asha, I. K. K., & Al Sabi, Y. N. (2023). Guidance for Autistic Children in Increasing Confidence in So-cializing. Information Sciences Letters, 12(2), 807–812. https://doi.org/10.18576/isl/120222
Sari, E. R., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Pri-mary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Da-sar, 8(2), 125. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7628
Satya. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidi-kan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187/5167
Sulfemi, W. B., Yasita, O., Muhammadiyah Bo-gor, S., Wijaya, S., & Bogor, H. (n.d.). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.951.2020
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Syukri, M., & Lubis, A. (2019). Melacak Kesu-litan Anak Saat Belajar Perspektif Psikolo-gi. In Jurnal Pendidikan dan Keislaman (Vol. 14). https://doi.org/10.30821/alfatih.v2i1.22
Tania, A. S. R., & Nurudin, N. (2021). Self Dis-closure Komunikasi Antar Pribadi Pasan-gan Jarak Jauh dalam Mempertahankan Hubungan Saat Physical Distancing Era Pandemic COVID-19. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informa-si, 13(1), 1-15.
Utami. (2015). Layanan Bimbingan Belajar Bagi Anak Autistik di SDN Inklusif Ngleri Playen Gunungkidul Yogyakarta. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/135
Wardhani, P. I., Nisa, S. K., Ratnakannyaka, I. W., Damayanti, L., & Sari, D. E. (2020). Penggunaan gawai dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak berkebutuhan khusus di SMK Negeri 8 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 156-163.
Yulika, R. (2019). Pengaruh Keceerdasan Emo-si Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7838
Zaman, B. (2021). Membangun kepercayaan diri dalam pendidikan islam. SUHUF, 33(1), 77-94.
Zulkifli, M. (2019). Peranan Komunikasi Inter-personal Guru dalam Meningkatkan Penge-tahuan Anak (Studi pada Guru-guru di PAUD Kharisma dan PAUD Lestari). http://journal.trunojoyo.ac.id/pamator
Article Metrics
Abstract view(s): 333 time(s)PDF: 302 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.