Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

Aulia Maulida Fayza(1*), Nur Amalia(2), Ratnasari Dyah Utami(3), Eko Purnomo(4), Mahesa Maulana(5)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru di sekolah dalam menanamkan karakter toleransi dalam pembelajaran kepada peserta didik di sekolah inklusi dengan adanya ABK di kelas serta untuk menguraikan dampak dari penguatan karakter toleransi setelah pengimplementasian pendidikan karakter toleransi bagi anak normal. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif induktif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru, guru pendamping kelas serta siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara kepala sekolah dan guru, observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengimplementasian penanaman karakter toleransi merujuk pada kurikulum Dinas Pendidikan, Ismuba Sekolah Alam. Penerapan ini diintegrasikan baik di dalam maupun di luar pembelajaran dalam bentuk kebiasaan sehari-hari.  (2) Siswa menunjukkan sikap menyayangi, menghargai, serta menghormati terhadap perbedaan yang artinya telah terjadi keberhasilan dalam implementasi penanaman pendidikan karakter toleransi yang dilakukan guru.

Keywords

pendidikan karakter; sekolah inklusi; siswa berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References

Adiarti, W. (2014). Implementasi Pendidikan Inklusi Melalui Strategi Pengelolaan Kelas Yang Inklusi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Ngalian, Semarang. Rekayasa, 12(1), 70–78. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v12i1.5589

Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Asrial, A., Syahrial, S., … D. K.-… J. on L., & 2022, undefined. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Journals.Ums.Ac.IdA Asrial, S Syahrial, DA Kurniawan, A Alirmansyah, M Sholeh, MD ZulkhiIndonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2022•journals.Ums.Ac.Id, 4(2), 157–170. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i2.17068

Atiratul Jannah. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. PENDAS Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 88–100. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090

Azis, F., Mukramin, S., & Risfaisal, R. (2021). Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 77–85. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4365

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57—71. https://doi.org/jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/209

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Bidaya, Z., & Dari, S. M. (2020). Revolusi Mental Melalui Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Kota Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 51. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2861

BUKOTING, S. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82. https://doi.org/10.51878/educator.v3i2.2389

Darmin, S., Sanjaya, D. B., & Landrawan, W. (2022). Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Religus Dan Toleransi Pada Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 2 Cibal (Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Cibal Kec. Cibal Barat Kab. Manggarai). Ganesha Civic Education Journal, 4(1), 44–54.

Dewi Purnama Sari. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Repositori Repositori IAIN Curup, 1 (1), 1–24.

Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 380–390.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/etheses.uinsgd.ac.id/69084/1/Pendidikan_Karakter-Heri%20Gunawan.pdf.pdf

HW, S., & Santoso, J. (2012). Revitalisasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Pasca Implementasi Program Pendidikan Inklusi. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 74–85.

Ikhlas, A., Asyhar, R., Karakater, P., & Learning, P. B. (2023). MODEL PROJECT BASED. 6, 3228–3237. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22554

Irawan, M. N. (2020). Strategi Teknik “Bite & Step” untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 73. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.2342

Irawati, I., & Winario, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Instructional Development Journal, 3(3), 177. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776

Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2021). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V3I1.10269

Khoiri robihatul musayadah, & Evi Muafiah. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Mi Pelangi Alam Ponorogo). Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01), 85–95. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.115

Lestari, A., Setiawan, F., Agustin, E., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. A R Z U S I N: Jurnal Manajemen Dan PendidikanDasar, 2 (6), 602–610. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703

Mursyidah, A., Azzahro, A. N., Rahmah, D. A., Maziyah, E. N., Fadliyah, L. S., Sabrina, N. P., & Meitasari, R. T. (2022). Strategi Guru Dalam Menanamkan Toleransi Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Unipa Surabaya, April, 1112–1118.

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018. CV. Jakad Publishing Surabaya 2.

Nadlifah, N. (2017). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02

Nasution, A. S. (2022). STRATEGI MEMBANGUN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI INDONESIA. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2 (1). https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i1.5370

Ni’mah, N. U., Istirohmah, A. N., Hamidaturrohmah, & Widiyono, A. (2022). Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jote, 3(3), 345–353. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4823

Nurlaila, S. B. W. dan S. (2017). Self Esteem Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(1), 30–34. https://doi.org/10.15294/intuisi.v8i1.8556

Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Sunarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.5743

Nuswantari. (2019). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi. Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n1.2019.pp54-64

Perwitasari, I., Irianto, A., & Rosidah Tur, C. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi. Journal of Edukasi Borneo, 1(1), 1–9. https://doi.org/journalofedukasiborneo.or.id/index.php/jeb/article/view/3

Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270

Prayitno, H., Rahmawati, F., & Pradana, F. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Ykgm.OrgHJ Prayitno, FN Rahmawati, FG PradanaJurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2022•ykgm.Org. http://ykgm.org/index.php/jpm/article/view/261

Rahayu, E., … I. I.-I. J. I., & 2021, undefined. (n.d.). Increasing socio-emotional competence of childern through boy-boyan traditional games with the experiental learning method. Journals.Ums.Ac.IdEW Rahayu, I Iswinarti, SS FasikhahIndigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2021•journals.Ums.Ac.Id. Retrieved April 20, 2024, from https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/12409

Rajiani, I., Prayitno, H. J., Kot, S., Ismail, N., & Iswarani, W. P. (2023). Developing Local Education Content Supplementary Textbook Innovation by Referencing to Women in Floating Market. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 136–150. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I2.22005

Ridwan Effendi, M., Dwi Alfauzan, Y., & Hafizh Nurinda, M. (2021). Menjaga Toleransi Melalui Pedidikan Multikulturalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 43–51. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.175

Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Kelola: Jurnal Manjaemen Pendidikan, 7(2), 209–217.

Senjayani, T. (2019). Penanaman sikap kerjasama dan toleransi pada siswa inklusi di kelas IV SD negeri 5 arcawinangun purwokerto. Skripsi IAIN Purwokerto.

Sholihul Huda. (2015). a, Model Toleransi Antar Agama di Balun Lamongan. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, Vol. 1 No. https://doi.org/10.30651/ah.v1i1.959

Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Wardhani, P. I., Nisa, S. K., Ratnakannyaka, I. W., Damayanti, L., & Sari, D. E. (2020). Penggunaan Gawai Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Smk Negeri 8 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 156–163. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12844

Windarsih1, C. A., Jumiatin2, D., Efrizal3, Sumini4, N., & Utami5, L. O. (2017). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 4(https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/issue/view/74). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p7-11.636

Wiraagni, I. A., Gizela, B. A., Auvaq, A. B., Noormaningrum, B. R., Wiradinata, W., & Majid, N. Forensica Application as Learning Media on Forensic Medicine-Time of Death Estimation. International Journal of Medical Toxicology and Forensic Medicine, 13(2).

Yani, F., & Darmayanti, E. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi pada Mahasiswa di Universitas Potensi Utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58.

Article Metrics

Abstract view(s): 432 time(s)
PDF: 410 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.