Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleran-si bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
Aulia Maulida Fayza(1*), Nur Amalia(2), Ratnasari Dyah Utami(3), Eko Purnomo(4), Mahesa Maulana(5)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiarti, W. (2014). Implementasi Pendidikan Inklusi Melalui Strategi Pengelolaan Kelas Yang Inklusi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Ngalian, Semarang. Rekayasa, 12(1), 70–78. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v12i1.5589
Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Asrial, A., Syahrial, S., … D. K.-… J. on L., & 2022, undefined. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Journals.Ums.Ac.IdA Asrial, S Syahrial, DA Kurniawan, A Alirmansyah, M Sholeh, MD ZulkhiIndonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2022•journals.Ums.Ac.Id, 4(2), 157–170. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i2.17068
Atiratul Jannah. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. PENDAS Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 88–100. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090
Azis, F., Mukramin, S., & Risfaisal, R. (2021). Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 77–85. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4365
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57—71. https://doi.org/jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/209
Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754
Bidaya, Z., & Dari, S. M. (2020). Revolusi Mental Melalui Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Kota Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 51. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2861
BUKOTING, S. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82. https://doi.org/10.51878/educator.v3i2.2389
Darmin, S., Sanjaya, D. B., & Landrawan, W. (2022). Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Religus Dan Toleransi Pada Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 2 Cibal (Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Cibal Kec. Cibal Barat Kab. Manggarai). Ganesha Civic Education Journal, 4(1), 44–54.
Dewi Purnama Sari. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Repositori Repositori IAIN Curup, 1 (1), 1–24.
Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 380–390.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/etheses.uinsgd.ac.id/69084/1/Pendidikan_Karakter-Heri%20Gunawan.pdf.pdf
HW, S., & Santoso, J. (2012). Revitalisasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Pasca Implementasi Program Pendidikan Inklusi. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 74–85.
Ikhlas, A., Asyhar, R., Karakater, P., & Learning, P. B. (2023). MODEL PROJECT BASED. 6, 3228–3237. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22554
Irawan, M. N. (2020). Strategi Teknik “Bite & Step” untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 73. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.2342
Irawati, I., & Winario, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Instructional Development Journal, 3(3), 177. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776
Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2021). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V3I1.10269
Khoiri robihatul musayadah, & Evi Muafiah. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Mi Pelangi Alam Ponorogo). Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01), 85–95. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.115
Lestari, A., Setiawan, F., Agustin, E., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. A R Z U S I N: Jurnal Manajemen Dan PendidikanDasar, 2 (6), 602–610. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703
Mursyidah, A., Azzahro, A. N., Rahmah, D. A., Maziyah, E. N., Fadliyah, L. S., Sabrina, N. P., & Meitasari, R. T. (2022). Strategi Guru Dalam Menanamkan Toleransi Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Unipa Surabaya, April, 1112–1118.
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018. CV. Jakad Publishing Surabaya 2.
Nadlifah, N. (2017). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02
Nasution, A. S. (2022). STRATEGI MEMBANGUN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI INDONESIA. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2 (1). https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i1.5370
Ni’mah, N. U., Istirohmah, A. N., Hamidaturrohmah, & Widiyono, A. (2022). Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jote, 3(3), 345–353. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4823
Nurlaila, S. B. W. dan S. (2017). Self Esteem Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(1), 30–34. https://doi.org/10.15294/intuisi.v8i1.8556
Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Sunarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.5743
Nuswantari. (2019). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi. Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n1.2019.pp54-64
Perwitasari, I., Irianto, A., & Rosidah Tur, C. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi. Journal of Edukasi Borneo, 1(1), 1–9. https://doi.org/journalofedukasiborneo.or.id/index.php/jeb/article/view/3
Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270
Prayitno, H., Rahmawati, F., & Pradana, F. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Ykgm.OrgHJ Prayitno, FN Rahmawati, FG PradanaJurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2022•ykgm.Org. http://ykgm.org/index.php/jpm/article/view/261
Rahayu, E., … I. I.-I. J. I., & 2021, undefined. (n.d.). Increasing socio-emotional competence of childern through boy-boyan traditional games with the experiental learning method. Journals.Ums.Ac.IdEW Rahayu, I Iswinarti, SS FasikhahIndigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2021•journals.Ums.Ac.Id. Retrieved April 20, 2024, from https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/12409
Rajiani, I., Prayitno, H. J., Kot, S., Ismail, N., & Iswarani, W. P. (2023). Developing Local Education Content Supplementary Textbook Innovation by Referencing to Women in Floating Market. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 136–150. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I2.22005
Ridwan Effendi, M., Dwi Alfauzan, Y., & Hafizh Nurinda, M. (2021). Menjaga Toleransi Melalui Pedidikan Multikulturalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 43–51. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.175
Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Kelola: Jurnal Manjaemen Pendidikan, 7(2), 209–217.
Senjayani, T. (2019). Penanaman sikap kerjasama dan toleransi pada siswa inklusi di kelas IV SD negeri 5 arcawinangun purwokerto. Skripsi IAIN Purwokerto.
Sholihul Huda. (2015). a, Model Toleransi Antar Agama di Balun Lamongan. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, Vol. 1 No. https://doi.org/10.30651/ah.v1i1.959
Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Wardhani, P. I., Nisa, S. K., Ratnakannyaka, I. W., Damayanti, L., & Sari, D. E. (2020). Penggunaan Gawai Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Smk Negeri 8 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 156–163. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12844
Windarsih1, C. A., Jumiatin2, D., Efrizal3, Sumini4, N., & Utami5, L. O. (2017). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 4(https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/issue/view/74). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p7-11.636
Wiraagni, I. A., Gizela, B. A., Auvaq, A. B., Noormaningrum, B. R., Wiradinata, W., & Majid, N. Forensica Application as Learning Media on Forensic Medicine-Time of Death Estimation. International Journal of Medical Toxicology and Forensic Medicine, 13(2).
Yani, F., & Darmayanti, E. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi pada Mahasiswa di Universitas Potensi Utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58.
Article Metrics
Abstract view(s): 432 time(s)PDF: 410 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.