Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar

Koesoemo Ratih(1*), Ratnasari Dyah Utami(2), Djalal Fuadi(3), Sri Mulyasih(4), Dinar Febriani(5), Sampdoria Fajar Asmara(6), Diana Riza Aprilianti(7), Arum Wahyu Rianti(8), Dewi Santiana(9), Heni Rahmawati(10), Livya Mora Adlina(11), Bastian Rosyidi(12), Muhammad Taufik Hidayat(13)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(11) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(12) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(13) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan dan memberikan penguatan  kepedulian guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih Karanganyar terhadap lingkungan sosial-budaya sekolah dalam pendidikan etika dan karakter di era komunikasi global sekarang ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan guru dan siswa berjumlah 34 siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Matesih yang diawali dengan pengamatan terlibat aktif, wawancara mendalam secara langsung dilanjutkan dengan teknik Partisipatory Rural Appraisal kepada guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendidikan etika dan karakter peduli lingkungan siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Matesih lebih menanggapi akan pentingnya lingkungan yang bersih, serta siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih telah dapat memanfaatkan botol-botol bekas sebagai pot bunga dan lebih bertanggung jawab atas sampah yang ada di lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempat sampah yang telah di sediakan oleh tim KKN-Dik maka dengan diadakannya pengabdian masyarakt pendidikan ini dapat mengetahui bahwa dengan diadakannya pendidikan etika dan karekter peduli lingkungan ini dapat menumbuhkan etika dan karakter siswa dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan yang bersih, rapi, indah, dan nyaman. Oleh sebab itu, guru dan siswa perlu didorong secara berkala dan berkelanjutan dalam pendidikan etika dan karakter yang berbasis pada potensi lingkungan sosial-budaya sekolah.

Keywords

etika; karakter; komunikasi global; peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References

Aini, S. I. Y. I. N., Firdiansyah, B. A., Desta, D., Tamarani, F. D., & Sistiasih, V. S. (2019). Penggunaan Pendekatan SAVI (Somatik Auditori Visual Intelektual) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SDN Donoyudan. Buletin KKN Pendidikan, 1(1).

Burgess, RG. (2002).Inthe field: An introduction to field research. Taylor & Francis. www.ebookstore.tandf.co.uk.

Fatma, F., Prayitno, H. J., Jamaludin, N., Jha, G. K., & Badri, T. I. (2019). Directive Speech Acts in Academic Discourse: Ethnography of Communication from Gender Perspective in Higher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(1), 27-46.

Fitriani, R. (2017). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Yogykarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga Tahun 2017, 1–11.

Fuadi, D., Suwandi, J., & Jumali, J. (2018, November). Growing Life Skill through Accounting Learning in Millennial Era. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 361-370).

Isnarmi, M. (2016). Pendekatan Kritis-Transformatif dalam PKn: Sebuah Upaya Pengembangan Karakter (Good Character). Jurnal Social Science.

Maidiantius, T. (2014). Etika Dalam Pendidikan. Jaffray.

Mardiana, Dinny. "Internalisasi Nilai Etika Lingkungan Di Sekolah Dasar." Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum 15.1 (2017).

Mulyana, Rachmat. "Penanaman etika lingkungan melalui sekolah perduli dan berbudaya lingkungan." Jurnal Tabularasa 6.2 (2009): 175-180.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1).

Prayitno, H. J. (2011). Teknik dan Strategi Tindak Kesantunan Direktif di Kalangan Andik SD Berlatar Belakang Budaya Jawa. Kajian Linguistik dan Sastra, 23(2), 204-218.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 348–352.

Sitti Hasnidar, S. H. (2019). Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997

Sudarsana, I. Ketut. "Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Alam Terbuka." Prosiding Nasional (2016).

Article Metrics

Abstract view(s): 1341 time(s)
PDF: 1523 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.