Penanggulangan Bullying dalam Pembetukan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah PK Bendo, Boyolali

Nurhidayat Nurhidayat(1*), Achmad Muthali'in(2), Sri Handayani(3), Maryadi Maryadi(4), Kiki Nirmala Sari(5), Ilya Wahyu Al Haniyah(6), khais Nur Ulfa(7), Rizka Mafida Feby Firdareza(8), Khusnul Maulidiya(9), Eni Ratnasari(10), N. F. Andaruningtyas(11)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(11) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menginformasikan kegiatan pengabdian masyarakat terkait identifikasi dan sosialisasi tentang jenis dan tindakan bullying terhadap anak usia dini pada seluruh siswa MI Muhammadiyah Bendo PK Kabupaten Boyolali. Kasus Bullying sering terjadi di lingkungan sekolah maupun luar sekolah bahkan sudah menjadi budaya yang dianggap sepele, padahal kasus ini memiliki resiko yang tentunya berdampak buruk pada korban, pelaku serta orang-orang sekitar. Bentuk umum yang terjadi pada kasus bullying di sekolah adalah verbal, fisik, dan psikologi. Kegiatan ini berdasar data siswa siswi MI Muhammadiyah Bendo PK Kabupaten Boyolali kelas I (satu) sampai VI (enam) yang berjumlah 150 orang. Pengabdian ini diawali dengan kajian sederhana menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif dan observasi, serta didukung dengan teknik Wawancara dan Dokumentasi. Selanjutnya dilakukan diseminasi kepada stakeholder yang ada di MI Muhamamdiyah Bendo PK sebagai tindak lanjut kegiatan pengabdian.

Keywords

bullying; fisik; pembentukan karakter; psikologi; verbal

Full Text:

PDF

References

Astuti, Retno. (2013). Meredam Bullying, Jakarta: PT Grasindo Kompas Gramedia.

Brimblecombe N, Evans-Lacko S, Knapp M, King D, Takizawa R, Maugham B & Arseneault L 2018. Long term economic impact associated with childhood victimisation. Social Science & Medicine, 208:134–141.

https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2018.05.014

Crick, N.R. and Grotpeter, J. K. (1995) Relational aggression, gender, and social-psychological adjustment. Child Development, 66:710-722.

Djamal, (2015). Paradigma penelitian Kualitatif, Yogya-karta: Pustaka Belajar.

Hanurawan, Fattah. (2012). Psikologi sosial suatu pengan-tar, Bandung: PT. Rosdakarya.

Haynie, D. L., Nasel, T., Eitel, P., Crump, A. D., Saylor, K., Yu, K., & Simons-Morton, B. (2001).Bullies, victims, and bully/victims: Distinct groups of at-risk youth. Journal of Early Adolescence, 21, 29–49.

Hidayatullah, M. Furqon. (2010). Pendidikan Kararakter: Membangun Perdaban Bangsa, Surakarta. Yumma Pustaka.

Huraerah, Abu. (2012). Kekerasan terhadap Anak, Ban-dung: Nuansa Cendikia.

Indrayani, Sisca (2019). Analisis Perilaku Bullying Siswa-Sekalah Menengah Atas Al-Azhar 3 Bandar Lam-pung. Skripi Prodi Bimbingan Konseling, FKIP, Universitas Lampung.

Jan, A., & Husain, S. (2015). Bullying in Elementary Schools: Its Causes and Effects on Students. Journal of Education and Practice, 6(19), 43-56.

Kemdiknas, (2010). Pembinaan pendidikan Karakter di Sekolah, Jakarta.

Kemdiknas, (2006). Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan, Jakarta

M.E, Raco, J.R. (2010). Metode penelitian Kualitatif jenis Karakteristik dan Keunggulan, Jakarta: PT. Grasindo.

Novalia, Ricca. (2016). Dampak Bullying Terhadap Kon-disi Psikososial Anak di Perkampungan Sosial Pingit. Skripsi. Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Owens, L.,Shute, R., & Slee, P. (2000). ‘‘Guess what I just heard’’: Indirect aggression among Teenage girls in Australia. Aggressive Behavior, 26, 67–83.

Raharjo, ST. (2015). Assessment untuk praktik Pekerjaan Sosial dan Kesejahteraan Sosial, Bandung: Unpad Press.

Santrock, John W. (2011). Masa Perkembangan Anak, Jakarta: Salemba Humanika.

Smit B & Scherman V (2016). A case for relational leader-ship and an ethics of care for counteracting bullying at schools. South African Journal of Education, 36(4):Art. # 1312, 9 pages.

https://doi.org/10.15700/saje.v36n4a1312

Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pen-didikan Nasionala.

Wulandari, Ayu Wangi. (2017). Karakteristik Prilaku dan Korban Bullying Di SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal BK UNESA. Vol. 7 Nomor 2

Zakiyah, Ela Zain., Humaedi, Sahadi., dan Santoso, Meil-lanny Budiarti. (2017). Faktor-faktor yang Mempengqruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM UNPAD ISSN: 2442-448XVol 4, No:2.

Article Metrics

Abstract view(s): 633 time(s)
PDF: 644 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.