Pemberdayaan Potensi Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat melalui Community Based Learning bagi Masyarakat Usia Produktif

Djalal Fuadi(1*), Sofyan Anif(2), Kharina Cahya Muliasari(3), Tuti Rahmawati(4), Dian Lestari(5), Weni Hastuti(6)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat melalui produk kreatif, peningkatan pemahaman agama melalui peningakatan kemampuan membaca Al Quran, dan peningkatan kesehatan masyarakat melalui senam sehat. Kegiatan ini dilaksanakan di Dukuh Jetak RT 13/ RW 03, Banyudono, Boyolali dengan mitra terdiri dari masyarakat usia produktif dan anak-anak. Metode pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan community based learning (CBL) untuk memberdayakan masyarakat di ketiga aspek tersebut. Hasil pengabdian ini terdiri dari tiga bagian. Pertama, pembedayaan ekonomi, hasil pengabdian menunjukkan masyarakat di dukuh tersebut mampu menghasilkan keripik usus yang dapat digunakan potensi desa untuk mengembangkan perekeonomian masyarkat. Masyarakat mampu me-ngembangkan produk usus menjadi lebih kreatif. Kedua, peningkatan kemampuan anak-anak dalam membaca Alquran naik. Dengan pendekatan CBL, anak-anak terlihat lebih menikmati kegiatan mengaji. Selanjutnya, melalui kegiatan senam sehat, masyarakat memiliki kebugaran yang lebih baik. Seluruh kegiatan tersebut membantu masyarakat untuk mampu bertahan di tengah pandemi covid-19 di segala aspek.

Keywords

pemberdayaan; potensi ekonomi; community based learning; kesehatan masyarakat

Full Text:

PDF

References

Hariyatmi, H., Prasty, M. O., Andriyani, F., Nugroho, M. A. B. C., Ma’rifah, Q., Khasanah, N. U., … Dhamayani, M. E. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Munaqosah Tahfidzul Qur’an di MIM Kerten Banyudono, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 50–55. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10766

Hutagalung, J. B., Noya, F. C., Noija, S., De Lima, F. V. I., & Asmin, E. (2020). Evaluasi Capaian Kompetensi Pembelajaran Berbasis Komunitas Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Molucca Medica, 13(April), 58–64. https://doi.org/10.30598/molmed.2020.v13.i1.58

Ibrahim, M. (2010). The use of community based learning in educating college students in Midwestern USA. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 392–396. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.032

Nafi’iyah, N., & Maghfiroh, S. (2021). Analisis Penghasilan, Pekerjaan, dan Usaha Masyarakat di Masa Pandemi Melalui Penerapan Data Sains. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 14–22.

Ngurah, I. D. G., & Utama, M. S. (2018). Peran Modal Sosial, Potensi Pariwisata Dan Pemberdayaan Masyarakat Pada Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Kawasan Strategis Pariwisata Lebih. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6, 1647. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i06.p06

Putrawan, A. D. (2018). Sekolah Perjumpaan Sebagai Gerakan Dakwah Berbasis Komunitas. Lentera, 1, 207–221.

Sheikh Ismail, A., & Buang, N. (2019). Development of Entrepreneurship Intentions among School Students in Malaysia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(1), 48-53. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i1.7289

Sujarwo, S., Tristanti, T., & Santi, F. U. (2017). Pengembangan Model Pemberdayaan Perempuan Desa Wisata Melalui Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1), 75. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16798

Sutioningsih, S., Suniawati, S., & Hamsanikeda, S. (2019). Pengaruh Terapi Meditasi (Dzikir) terhadap Tingkat Stres pada Lansia. Jurnal Keperawatan Profesional, 7(1). https://doi.org/10.33650/jkp.v7i1.502

Wisesa, A. M., & Cendekia, D. A. (2019). Pola Pembelajaran Bebas Berbasis Komunitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menggambar di Komunitas Luber Malang. Education And Culture Studies (JADECS), 4(2), 78–86.

Wulan, R., Saputra, E., & Haries, A. (2018). Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf pada Lansia. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 48. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2360.

Article Metrics

Abstract view(s): 451 time(s)
PDF: 649 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.