Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan

Yunita Mandasari(1), Ahmad Ahmad(2), Nanda Yulianti(3), Main Sufanti(4*), Laili Etika Rahmawati(5)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP Muhammadiyah Blora
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan peluang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat terutama peningkatan karakter profetik melalui kegiatan optimalisasi peran Taman Pendidikan Al-Quran. Pengabdian ini dilaksanakan di Desa Sumberjatipohon, Rt 04/Rw 01 Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan sejak 01 Februari sampai 06 Maret 2021. Pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik karena didukung oleh masyarakat sekitar. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah optimalisasi karakter profetik yang didapatkan anak-anak Desa Sumberjatipohon melalui beberapa kegiatan pada Taman Pendidikan Al-Quran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan secara langsung, seperti kegiatan belajar Iqra, membaca Al-Quran, menyaksikan tayangan yang memiliki nilai edukasi, dan bimbingan belajar. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah penguatan karakter profetik pada anak setelah intensif mengikuti kegiatan di Taman Pendidikan Al-Quran

Keywords

karakter profetik; taman pendidikan Al-Quran

Full Text:

PDF

References

Al Hakim, R. R. (2021). Pencegahan penularan Covid-19 berbasis aplikasi Android sebagai implementasi kegiatan KKN tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7-13.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakar-ta: Diva Press.

Citradin, Yudin. 2008. Profesi Guru. Mataram.

Erniasih, U., Pramono, S. E., & Atno, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video Edukasi dan Media Video Dokumenter pada Pembelaja-ran Sejarah di SMA N 12 Semarang Tahun Ajarah 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 162-171.

Gramsci, Antonio. 1999. Selection From The Prison Notebooks. London: The Electric Book Company.

Hamdani, M. (2018). Penerapan Metode Mem-baca Alquran Pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan.

Istiyanto, S. B. 2016. Telepon Genggam Dan Perubahan Sosial Studi Kasus Dampak Negative Media Komunikasi Dan Informat-ika Bagi Anak-Anak Di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi In-donesia, 1(1), 58-63.

Kemendikbud, P. W. (2017). Penguatan Pen-didikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pem-benahan Pendidikan Nasional. dalam laman https://www. kemdikbud. go. id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikankarakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional diunduh tanggal, 25.

Kemendiknas RI [Kementerian Pendidikan Na-sional Republik Indonesia]. (2010b). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter: Pedoman untuk Sekolah. Jakarta: Kemendiknas RI.

Komalasari, Kokom & Didin Saripudin. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama.

Kriyantono, R. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadame-dia Group.

Kusnoto, Yuver. (2017). “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidi-kan” dalam SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2)

Nasution. 2000. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidi-kan Karakter. Purwokerto: Penerbit STAIN

Prasetyowati, R. A., & Anwar, I. N. (2019). Pentingnya pendidikan karakter pada anak di desa gunung sari. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 279-286

Pulungan, S., & Dharmawati. (2021). Pembelaja-ran Tajwid bagi Anak Berbasis Teknologi Informasi. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 69–76.

Qamari, I. N., & Suryono, L. J. (2017). Pening-katan Kualitas Layanan dan Tata Kelola Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Panggung Harjo, Sewon, Bantul. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 5(2), 126–136.

Ratih, K., Srijono, D., Laksono, G. Y., Fitriyani, F., Hasanah, A. U., Farida, K., … Isp, D. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Na-sionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari , Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 75–78. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10793

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., & Febriani, D. (2020). Penguatan Pendidi-kan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih , Karanganyar. Buletin KKN Pen-didikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770

Roqib, M. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Profetik. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).

Rosita, Lita Rara. (2018). Perancangan Sistem Laporan Akuntansi Laporan Keuangan Standar PSAK 45-s. Accounting Information System and Information Technology Busi-ness Enterprise. Vol 03, No.01. Hal. 262-274 (P-ISSN: 2252-9853 diakses online melalui https://search.unikom.ac.id/ in-dex.php/aisthebest/article/ view/1817/1209 pada 3 Maret 2020 Pukul 19.20).

Samani, Muchlas & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sari, A. N., Djuaini, D., & Qadafi, M. (2020). Implementasi Metode Iqro’dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Siswa RA Perwanida II Mataram. Islamic EduKids, 2(02), 14-26.

Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset mana-jemen dan bisnis. USUpress.

Soedarsono, Soemarmo. 2009. Karakter Mengan-tar Bangsa dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.

Weil, R., & Mudrik, L. (2020). Detecting False-hood Relies on Mismatch Detection Between Sentence Components. Cognition, 195(October 2019), 104121. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2019.104121.

Zainal, Aqib. (2011). Pendidikan Karakter: Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Article Metrics

Abstract view(s): 900 time(s)
PDF: 899 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.