Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan
Ardhana Januar Mahardhani(1), Harun Joko Prayitno(2), Miftakhul Huda(3*), Endang Fauziati(4), Nurul Aisah(5), Aditiya Dwi Prasetiyo(6)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eko Hardiawan, F., Irfan Rifa, Q., & Januar Mahardhani, A. (2021). Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca melalui Komunitas Gubuk Literasi Pada Masa Pandemi. In KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional (Vol. 3, Issue 1). http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1672.
Hariyanto, D., Abror, M., Yani, M., & Dharma, F. (2021). Pembudayaan Permainan Tradisional sebagai Wahana Belajar Luar Ruang bagi Anak. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(1), 56-68. doi:https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9265.
Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885.
Kurnia, R. (2017). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Laboratorium Fkip Universitas Riau. In Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.33578/JPSBE.V6I2.4486.
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634.
Laely, K., Pps, P., Negeri, U., Jl, J. R., & Muka, J. T. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300–319. https://doi.org/10.21009/JPUD.072.
Nafisah, D. (2020). Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Siswa Kelas Iv Min 3 Karanganyar. IAIN Salatiga.
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific Literacy of Students Learned Through Guided Inquiry. International Journal of Research & Review (Www.Gkpublication.In), 4(5), 23. www.ijrrjournal.com.
Rulisty, N., Sutikno, P., Sona, A. E., & Windusiyam, P. (2020). Peran Penting Orang Tua dalam Pembelajaran Daring dengan Metode Talk & Listen untuk Siswa Sekolah Menengah di Masa Pandemi. In Organized by Faculty of Letters (Vol. 4, Issue 1). http://isolec.um.ac.id/proceeding/index.php/issn/article/view/53.
Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p48-58.
Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(3), 373–381. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163.
Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolsh Dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 1. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4.
Hadiyati, S., Hafida, N., Insan, A., Rokhmah, N., Kuncara, R. B., Wardani, V. A., … Handayani, F. (2020). Green Literature untuk Menumbuhkembangkan Kesadaran Ekologis di SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.
Raia, F. (2018). Learning , Culture and Social Interaction Identity , tools and existential spaces. Learning, Culture and Social Interaction, (April), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.04.014.
Riza, M., Nikmah, N., Hidayah, S., Anggraeni, V., Jannah, R., Afiyah, N., & Malichatin, H. (2021). Peningkatan Literasi Keluarga dalam Konten Edukatif Pembuatan Brownies Kukus Melalui Youtube. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(1), 23-37. doi:https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9804.
Sanders, K. E., Molgaard, M., & Shigemasa, M. (2019). The Relationship between Culturally Relevant Materials, Emotional Climate, Ethnic Composition and Peer Play in Preschools for Children of Color. Journal for Multicultural Education, 13(4), 338–351. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JME-02-2019-0014.
Syahmani, Hafizah, E., Sauqina, Adnan, M. bin, & Ibrahim, M. H. (2021). STEAM Approach to Improve Environmental Education Innovation and Literacy in Waste Management: Bibliometric Research. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 130–141. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i2.12782.
Article Metrics
Abstract view(s): 1976 time(s)PDF: 1727 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.