Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah

Muhammad Fahmi Johan Syah(1), Nur Amalia(2*), Sri Budi Utami(3), Ninda Dwi Astuti(4), Muhammad Rohmadi(5)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Peralihan dari TK (Taman Kanak-kanak) menuju tingkat sekolah dasar memerlukan penyesuaian perkembangan motorik. Perkembangan tersebut tidak jauh dari keterampilan menulis. Sayangnya, keterlambatan menulis permulaan di kalangan siswa SD kelas 1 bisa menjadi permasalahan yang kerapkali ditemui. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendes-kripsikan dan memecahkan permasalahan terkait keterlambatan perkembangan motorik (menulis permulaan) anak sekolah dasar khususnya pada salah satu siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Tumang. Metode pengabdian yang digunakan yakni partisipatif, diawali dengan studi deskriptif terhadap fenomena, pengumpulan data dan analisis, penyajian hasil, diseminasi, dan pendampingan. Hasil pengabdian ini merekomendasikan pemberian dukungan kepada siswa dengan keterlambatan perkembangan motorik untuk mengoptimalkan keunggulan dan minat yang dimiliki guna dikolaborasikan dalam rangka mengatasi keterlambatan menulis permulaan yang dialami.

Keywords

dinamika interpersonal; keterlambatan; motorik halus; menulis

Full Text:

PDF

References

Amzi, F., Halimah, S., dan Pohan, N., (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazzaki, 1(1), 15-28.

Anim, Anim., dkk. 2019. “Lancar Berhitung Tanpa Mengahafal Melalui Metode Jari-matika guna Mendukung Kecerdasan Anak di SD Negeri No. 014686 Sidomulyo Gugus-IV”. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1): 13-17.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LIT-ERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Hamzah, S.H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomo-torik. Dinamika Ilmu, 12(1), https://doi.org/10.21093/di.v12i1.56

Haryadi, T dan Aripin. (2015). Melatih Kecer-dasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku” . Andharupa, 1(2), 39-50.

Irmawanty, Irmawanty. 2019. “Positive Behavior Intervention Support (PBIS) pada Siswa Berkesulitan Menulis”. Metodik Didaktik. 15(1): 43-59.

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkem-bangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar dalam Proses Pembelaja-ran (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155-168.

Kasenda, L.M., Sentinuwo, S.R., dan Tulenan, V. (2016). Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android. E-journal Teknik Informatika, 9(1), 1-9.

Mardika, Tiwi. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD”. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 10(1): 28-33.

Nurbayati, Siti. 2018. “Instrumen Asesmen Menulis Permulaan pada Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan”. Jas-si_Anakku. 19(2): 32-38.

Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardian-syah, J., ... & Listiawati, Y. (2020). Pen-ingkatan Sistem Motorik Anak Usia Pra-sekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 63-69.

Rizqia, M., Iskandar, W., Simangunsong, N., & Suyadi, S. (2019). Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Edu-cation, 2(2), 45-53.

Rohmadi, Muhammad, dan Yakub Nasucha. 2017. Dasar-dasar Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Surakarta: Yu-ma Pressindo.

Siagian, R.E.F. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Pres-tasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.

Syaharudin, Syaharudin., dkk. 2018 “Mening-katkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Menggunakan Metode Jarimatika”. Jour-nal of Character Education Society. 1(1): 30-33.

Widyaningrum, Heni Kusuma. 2019. “Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Per-mulaan (MMP) di Sekolah Dasar [Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing (MMP) in Primary School]”. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. 8(2): 189-200.

Widyastuti, T., & Astuti, R. (2016). Penataan Halaman Sekolah Sebagai Ekoedukasi. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 4(1), 54-62. doi:https://doi.org/10.18196/bdr.416.

Article Metrics

Abstract view(s): 1277 time(s)
PDF: 1185 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.