Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus

Devi Kurnia Khikmawati(1*), Rafi Alfian(2), Abdylla Adhiyasa Nugroho(3), Agus Susilo(4), Rusnoto Rusnoto(5), Noor Cholifah(6)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
(6) Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Adanya pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran terutama penggunaan buku digital (e-book) melalui perantara komputer, laptop atau smartphone. Pemanfaatan teknologi yang dipublikasikan dalam bentuk digital digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar serta meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 dengan menampilkan informasi berupa teks, gambar, audio, video, animasi, narasi, musik, serta multimedia lainnya. Permasalahan yang akan dihadapi adalah seberapa siapkah siswa tingkat sekolah dasar menggunakan e-book dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberi kemudahan siswa dalam belajar, meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media e-book dan mengetahui umpan balik siswa terhadap buku digital. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Research Apraisal (PRA) dengan bimbingan secara langsung kepada siswa. Adapun hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah secara tidak langsung penggunaan e-book bagi siswa kelas VI SD N 2 Mlati Kidul tersebut dapat membantu siswa agar lebih mudah mengakses materi pembelajaran dan mempelajari kembali materi pembelajaran kapan saja dan dimana saja menggunakan e-book. Siswa tingkat SD menjadi lebih semangat belajar secara mandiri dengan adanya e-book yang sifatnya praktis dan mudah dibawa kemana saja pada masa pandemi Covid-19 ini.

Keywords

implementasi; e-book; minat belajar; siswa

Full Text:

PDF

References

Arief S. Sadiman. dkk. (1996). Media Pendidi-kan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada.

Chyr, W., Shen, P., Chiang, Y., Lin, J., & Tsai, C. (2017). Exploring the Effects of Daring Academic Help-Seeking and Flipped Learning on Improving Students ’ Learn-ing. Educational Technology & Society, 20(3), 11–23.

Djam’am Satori dan Asep Irawan. (2013). Pengaruh Regulasi, Pembiayaan dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Manajemen Sarana Prasarana Sekolah, dan Dampaknya Terhadap Efek-tivitas Pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama se Kota Sukabumi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 27-39.

Elain, B. , Johnson. (2002). Contextual Teach-ing and Learning. California: Corwin Press.

Fathurrahman, Arif., dkk. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Pening-katan Kompetensi Pedagogik dan Team-work. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850.

Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.

Ghullam Hamdu and Lisa Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Ter-hadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90– 96.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.

Prabowo, A. & Heriyanto. (2013). Analisis Pem-anfaatan Buku Elektronik (E-Book) oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 2 (2), 1-9.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30-34.

Qhadafi, Muammar Reza. 2020. “Serba-serbi Kekurangan dalam Proses Pembelajaran Daring”, https://guruberbagi.kemdikbud.go.id, di-akeses pada 20 Februari 2021 pukul 12.00.

Shearer, R. (2003). Instructional Design in Dis-tance Education: An Overview, Dalam: M. G. Moore & W. G. Anderson (Editors). Handbook of Distance Education. pp 275-286. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative As-pects. International Journal of Computer Applications Technology and Research. Volume 5– Issue 2, 71 - 75.

Sukmawati, R., Pramita, M., Purba, H., & Utami, B. (2020). The Use of Blended Coopera-tive Learning Model in Introduction to Digital Systems Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Edu-cation (IJOLAE), 2(2), 75-81. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9263

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pem-belajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Wisaksono, A., Masruchin, M., Purwanti, Y., & Nurbaya, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Belajar Berbasis Web Era Covid - 19. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Pen-erapan Ipteks, 8(2), 104-114. doi:https://doi.org/10.18196/bdr.8282

Article Metrics

Abstract view(s): 4365 time(s)
PDF: 4983 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.