Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah

Nurhidayat Nurhidayat(1*), Sri Katoningsih(2), Ratnasari Diah Utami(3), Windri Maryana(4), Naufal Ishartono(5), Yasir Sidiq(6), Dwega Irfadhila(7), Heri Siswanto(8)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Mitra dalam pengabdian ini adalah masyarakat, namun terfokus pada edukasi berupa bimbingan belajar untuk siswa Sekolah Dasar di daerah Karang Anyar RT 05, Karang Anyar, Plupuh, Sragen. Metode pelaksanaan pengabdian ini diawali dengan mengadakan sosialisasi kepada orang tua siswa melalui kelompok kecil. untuk menyampaikan informasi mengenai adanya kegiatan bimbingan belajar. Selalin itu juga kami memberi gambaran mengenai konsep orangtua dalam mendampingi anak ketika pembelajaran daring. Dalam pelaksanaannya bimbingan belajar dilakukan setiap hari mulai jam 09.00-11.00 WIB. Diikuti oleh dua belas siswa, yang terdiri dari tujuh siswa laki-laki dan lima siswa perempuan. Bertepat di Masjid Baiturrahim. Proses belajar sebelum adanya “bimbingan belajar” terkesan monoton dan siswa kurang memahami materi karena tidak adanya tempat bertanya dan praktik. Namun dengan adanya bimbingan belajar yang memanfaatkan media audio visual ini siswa menjadi lebih mudah memahami materi dan kembali aktif bertanya tidak monoton dengan cara belajar sebelum mengikuti bimbingan belajar ini. Hal ini menunjukkan pentingnya pemberian pengalaman pada siswa pada saat proses pembelajaran. Pentingnya pengabdian ini dilaksanakan sebagai upaya membantu orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran siswa dan sebagai fasilitator siswa dalam membantu siswa memahami materi.

Keywords

pembelajaran daring, media audiovisual, materi IPA

Full Text:

PDF

References

Adam. (2015). Pemanfaatan Media Pembelaja-ran Berbasisi Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CIBS, 3 (2), 79.

Amaliyah. (2013). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 dalam Pembela-jaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 1 (2).

Dahlelawati. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Co-operative Script Dengan Media Audio visual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 40 Sungai Alam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (1)(2614–3097), 286.

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6, 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097

Hana, R. (2014). Penggunaan Media Audio visual dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ke-las IV. Skripsi.

Irawan, L., Sumarmi, S., Bachri, S., Sari, A., Wahyudi, A., Ayuni, I., Lailunnahar, S., & Dirgantara, S. (2019). Construct-ing Volcanic Hazard Video Toward Student Comprehension of Kelud Vol-cano Disaster Prone Area And Its Envi-ronment Characteristics. IOP Confer-ence Series: Earth and Environmental Science, 273, 012032. https://doi.org/10.1088/1755-1315/273/1/012032

Koto, I. (2020). Teaching and Learning Sci-ence Using YouTube Videos and Dis-covery Learning in Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 7, 106–118. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i1.22504

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pem-belajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education And Literature, 99–110.

Lestari, Y., Rohiat, R., & Anggraini, D. (2017). Pengaruh Penataan Tempat Duduk terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD N 20 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10, 61–65. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.61-65

Nugroho, D., & Muhtadi, A. (2020). Engaging Elementary Student in Learning Sci-ence Using Video to Improve Learning Outcome. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200521.035

Rahardjo, S. A. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pem-anfaatannya. PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Rohmanurmeta, F., & Farozin, M. (2016). Pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap motivasi dan hasil belajar pa-da pembelajaran tematik integratif. , 9(1). Doi: Jurnal Penelitian Ilmu Pen-didikan. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10691

Wildan, B. (2016). Salatiga., Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Au-dio Visual pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Manusia Kelas V SD N Ting-kir Lor 01. Skripsi.

Yusuf, M., Amin, M., & Nugrahaningsih, N. (2017). Developing of instructional media-based animation video on en-zyme and metabolism material in senior high school. Jurnal Pendidikan Biolo-gi Indonesia, 3, 254. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4744.

Article Metrics

Abstract view(s): 1464 time(s)
PDF: 1520 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.