Pemberdayaan Pola Hidup Sehat Masa Pandemi Covid 19 di Desa Banjarsari, Tawangmangu, Karanganyar

Adelliana Dini Timikasari(1), Nur Antiasari(2*), Yunus Aris Wibowo(3), Munaaya Fitriyya(4)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi Covid-19 saat ini tak hanya mengkhawatirkan di negara Indonesia bahkan seluruh dunia merasakannya. Banyak masyara-kat yang merasa takut dan khawatir akan terjangkitnya virus ini pada dirinya atau orang terdekatnya. Penelitian ini dilakukan un-tuk mencegah penularan dan mencegah terjangkitnya tubuh dari virus covid-19. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk menjaga pola hidup sehat pada masa Pandemi Covid-19 di desa Banjarsari RT 01/ RW 09 Tawangmangu, Karanganyar. Penelitian dilakukan karena kurang sadarnya masyarakat desa Banjarsari RT 01/ RW 09 Tawangmangu, Karanganyar tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat, memakai masker dan saling menjaga jarak pada masa Pandemi seperti sekarang ini. Masyaraat desa menganggap banha virus Covid-19 tidak akan menyerang di lingkungan mereka yang termasuk lingkungan yang dingin, sehingga mereka tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak dalam kerumunan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini berupa pem-berdayaan secara langsung kepada masyarakat dan data yang didapat berupa hasil wawancara kepada narasumber, kemudian dilakukannya penyuluhan untuk mengubah pandangan masyarakat agar selalu menjaga pola hidup sehat dengan selalu memakai masker dan cuci tangan setelah beraktivitas di luar. Hasil yang ditunjukan setelah dilakukannya penyuluhan yaitu masyarakat lebih patuh akan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, saling menjaga jarak dan mencuci tangan setelah aktivitas dari luar. Selalu menjaga pola hidup sehat dan menjaga protokol kesehatan saat masa Pandemi Covid-19 menjadi sangat penting dimasyarakat karena dengan kebiasaan tersebut dapat mempekecil kemungkinan penyebaran virus Covid-19 di ling-kungan masyarakat.

Keywords

covid-19; masa pandemi; pola hidup sehat; protokol kesehatan

Full Text:

PDF

References

Ardiyanto, A., Purnamasari, V., Sukamto, S., & Setianingsih, E. (2020). Ana-lisis Perilaku Hidup Bersih dan Sta-tus Kebugaran Jasmani di Era Pan-demi Covid-19 Dosen PGSD. Jendela Olahraga, 5(2), 131–140.

Huang C, Wang Y, Li X. (2020). Clinical Features of Patients Infected with 2019 Novel Coronavirus In Wuhan, China. Lancet. 395: 497–506.

Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Ber-sih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. 1–4.

Kementerian Kesehatan Republik Indo-nesia. (2020). Pedoman Pencega-han Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid 19) Revisi Ke-4. Ja-karta: Direktorat Jenderal Pencega-han dan Pengendalian Penyakit.

Kementrian Kesehatan Republik Indone-sia (2015) Profil Kesehatan Indone-sia

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nunun N (2015), Perilaku Hidup bersih dan Sehat Masyarakat Desa Samir Dalam Meningkatkan Kesehatan

Masyarakat (2015),Jurnal Publicana Vol 8 No 1 2015

Puput Dwi, Ambar W,Ilham A, (2020) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya, Jurnal Promkes, The Indonesian Journal of Healt Promotion and Health Educa-tion,vol 8 No.1, 47 – 58

Rasmaya N,Yeni F,Fea P,Adi Y,Siti M (2021), Perilaku Masyarakat dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan Covid 19 di Punggawan, Banjarsari Sura-karta, Jurnal Farmasi Indonesia. Vol 18, No.1

Singhal, T. (2020). A Review of Corona-virus Disease -2019 (COVID -19). The Indian Journal of Pediatrics, 87(4): 281 –286.

Utama, J. L. (2020). Gaya Hidup Mayara-kat Nusa Tenggara Timur Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 34–40.

Yenni I (2020). Pola Hidup Sehat Selama Menghadapai Pandemi Covid 19. https://blitarkota.go.id/id/beritaopd/pola-hidup-sehat-selama menghadapi-pandemi-covid-19

Zukmadani, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 68–76.

Article Metrics

Abstract view(s): 526 time(s)
PDF: 775 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.