Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris

Sakriani Sakriani(1), Salasiah Ammade(2*), Rafi’ah Nur(3)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare
(*) Corresponding Author

Abstract

san ini berfokus pada optimalisasi komik digital yang didukung oleh strategi PQRST (Preview, Questions, Review, Summary, dan Test) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Komik digital yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari internet dan dipilih dengan cermat berdasarkan kebutuhan siswa termasuk mempertimbangkan usia, tingkat membaca, minat, jangkauan akses yang mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komik digital yang didukung oleh strategi PQRST terhadap pemahaman membaca siswa. Secara rinci menekankan pada peningkatan pemahaman membaca siswa setelah pengajaran menggunakan komik digital melalui Strategi PQRST. Desain eksperimen semu dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini. yang melibatkan sampel 30 siswa dari kelas 8. Teknik random sampling digunakan untuk mendapatkan sampel ini. Dalam pengumpulan data tersebut, tes mem-baca merupakan instrumen penelitian yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan penelitian. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan format SPSS. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman membaca siswa meningkat ketika mereka menggunakan komik digital melalui Strategi PQRST terlihat dari hasil belajar siswa. Strategi ini membuat siswa memahami awal bacaan, menanyakan yang belum dipahami, lau membaca bacaan, menyimpulkan dan dites kemam-puan pemahaman bacaannya. Langkah dalam strategi ini membuat siswa lebih mudah memahami bacaan karena diiringi dengan kegiatan yang bertahap yang melatih kemampuan metakognitifnya. Temuan lainnya ada-lah menggunakan komik digital melalui strategi ini menawarkan pen-galaman baru bagi siswa, mudah diakses, tampilan menarik, dan kalimat cerita yang mudah dipahami. Peneliti juga menemukan bahwa siswa kelas delapan di UPTD SMPN 18 Barru sangat antusias dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Keywords

digital comic, strategi PQRST, pemahaman bahasa inggris

Full Text:

PDF

References

Abdillah, Z. Z. (2020). The Use of Pqrst (Preview, Question, Read, State, Test) In Teaching Reading Narrative Text For Eight Graders Students Of SMPN 2 Purwoasri. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Proficiency, 2(1). https://doi.org/10.32503/proficiency.v2i1.1384

Aggleton, J. (2019). Defining Digital Comics: A British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics, 10(4). https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., ... & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97-105.

Ahsanah, F., & Utomo, D. T. P. (2020). The Use of Digital Comic in Developing Student’s English Competence. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 8(2). https://doi.org/10.24256/ideas.v8i2.1660

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Sholeh, M., & Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157-170.

Aulia, L. I., Priyandini, E., Rosalinda, R., Siswanto, H., & Aprilia, S. (2022). Pengembangan Budaya Literasi Melalui Program “Maca” di SD Negeri Klandungan 3. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 61-68.

Aygören, F. (2020). The effect of pqrst technique on recalling what you read. Elementary Education Online, 19(1). https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.656796

Cahyati, J. N., Setiani, F., Suharyanto, S., Sholiha, H. I. A., & Giyoto, G. (2021). Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar.Buletin KKN Pendidikan,3(2), 117-126.

Damopolii, I., Lumembang, T., & İlhan, G. O. (2021). Digital Comics in Online Learning During COVID-19: Its Effect on Student Cognitive Learning Outcomes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(19). https://doi.org/10.3991/ijim.v15i19.23395

Habiddin, H., Ashar, M., Hamdan, A., & Nasir, K. R. (2022). Digital Comic Media for Teaching Secondary School Science. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(3). https://doi.org/10.3991/IJIM.V16I03.28967

Handayani, S., Youlia, L., Febriani, R. B., & Syafryadin, S. (2020). The Use of Digital Literature In Teaching Reading Narrative Text. Journal of English Teaching, Applied Linguistics and Literatures (JETALL), 3(2). https://doi.org/10.20527/jetall.v3i2.8445

İlhan, G. O., Kaba, G., & Sin, M. (2021). Usage of Digital Comics in Distance Learning During COVID-19. International Journal on Social and Education Sciences, 3(1). https://doi.org/10.46328/ijonses.106

Istiq’faroh, N., Suhardi, & Mustadi, A. (2020). Improving elementary school students’ creativity and writing skills through digital comics. Elementary Education Online, 19(2). https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.689661

Khotimah, H., Supriyati, Y., & Supena, A. (2020). Online learning using interactive digital comics in the era of the COVID-19 pandemic. Psychology and Education, 57(9).

Latifa, N. (2018). Teaching narrative text by using preview, question, read, state, and test (PQRST) technique. English Education Journal, 9(2), 243-260.

Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., ... & Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100-104.

Suryani, N. Y., Darma, S., & Pamuji, A. (2020). PQRST in Teaching Reading Comprehension for the First Semester students of Nursing Study Program STIK SITI KHADIJAH Palembang. ELT-Lectura, 7(1), 32-40. https://doi.org/10.31849/elt-lectura.v7i1.3633

Pramita, M. (2021). Student Acceptance of E-learning to Improve Learning Independence in the Department of Computer Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE). 4(1), 34-44.

Rachma, A. N., & Sasanti, A. E. (2021). Implementasi Pembelajaran BTA Melalui Metode Iqro’pada Anak SD Dukuh Tebon Gede. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1).

Rayantie, R., Hartati, T., & Rengganis, I. (2019). Penerapan Strategi Pqrst Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3).

Romadhan, A. N., & Purwandari, E. (2020). Peran sanggar regoling ma'rifat dalam penanaman karakter pada anak di era digital. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 67-79.

Saputri, A. D., Sunardi, S., & Musadad, A. A. (2021). Digital Comics as A Media in EFL Reading Classrooms. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.758

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., ... & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68.

Suyana, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Preview, Question, Read, State, Dan Test (PQRST). JIPIS, 28(2). https://doi.org/10.33592/jipis.v28i2.308

Article Metrics

Abstract view(s): 453 time(s)
PDF: 386 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.