Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar

Dzulfiqar Restu Afghani(1), Harun Joko Prayitno(2*), Estria Dwi Jayanti(3), Clarisa Ayu Zsa-ZsaDilla(4), Tara Aldita Salsabilla(5), Erlin Dian Saputri(6), Nisa Dwi Septiyanti(7), Hery Siswanto(8)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
(8) Fakultas Sains dan Teknologi, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Membaca merupakan suatu tahapan awal dalam suatu proses belajar terutama bagi siswa sekolah dasar. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan kebiasaan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang. Literasi membaca bukan hanya sekedar kegiatan membaca biasa, melainkan dapat menjadi sebuah kegiatan yang menghasilkan budaya. Budaya membaca dapat memberikan banyak manfaat yang baik, salah satunya menumbuhkan minat membaca dan menulis. Untuk membangun sebuah budaya literasi membaca, dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah dengan menyediakan lingkungan yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan budaya literasi membaca siswa sekolah dasar dengan peningkatan fasilitas perpustakaan. Melalui kegiatan peningkatan fasilitas perpustakaan ini, mahasiswa KKN-Dik UMS berusaha untuk membangun budaya literasi membaca siswa-siswi di SD Negeri 02 Selokaton. Hasil yang telah dicapai adalah dengan melakukan pengoptimalan fasilitas perpustakaan, para siswa-siswi SD Negeri 02 Selokaton menjadi lebih antusias dan merasa nyaman dalam beraktivitas untuk meningkatkan minat baca di perpustakaan.

Keywords

budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa

Full Text:

PDF

References

Abidin, Z. (2017). Indeks Budaya Literasi Ma-hasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta Ta-hun Akademik 2017. Suhuf, 29(2), 150–167.

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., In-darwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Per-pustakaan untuk Meningkatkan Minat Lit-erasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105.

Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam pendidikan: Literasi digital dan self-directed learning pada mahasiswa skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1).

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital da-lam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2).

Aufa, M. (2018). Pku Bagi Mi Muhammadiyah Meduro Melalui Majalah Dinding Mengasah Kreativitas Menulis Dan Gemar Membaca Siswa. Warta LPM, 21(2), 130–135.

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Pen-ingkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pemben-tuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–173.

Bardi, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Recount Text dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Mod-el Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Kelas VIII. E SMP Negeri 1 Boyo-lali. Jurnal Varidika, 29(2), 118–126.

Kurniawan, K. R. A., Latif, N., Suparno, R. R., Oktaviani, A., Zharifa, A. F., & Aryanti, S. Z. (2019). Revitalisasi Rumah Pintar Las-kar Pelangi di Gantung melalui Budaya Literasi Humanitas. Buletin KKN Pen-didikan, 1(1), 10–17.

Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., Arifah, N. Z. M., Al Khusna, M., Novi-anto, D., & Nugroho, F. C. (2020). Per-pustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Mening-katan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100–104.

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergam-bar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22.

Muhafidin, M. (2016). Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Cidempet Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Profesi Pendidi-kan Dasar, 3(1), 66–70.

Mursiyah, T. (2017). Upaya Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Membaca Cerpen Melalui Pen-dekatan Kontekstual Bagi Siswa Kelas IX. Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(1), 68–76.

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revi-talisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaa-tan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168.

Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Pu-tri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., Kur-niawan, L. Y., Astuti, J. S., Primandika, F. T., & Budiarti, S. A. C. (2020). Menum-buhkembangkan Kepedulian Siswa ter-hadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Bo-yolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69–74.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pen-didikan, 4(1).

Sakriani, S., & Ammade, S. (2022). Pem-berdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemaham-an Membaca Teks Bahasa Inggris. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 47–57.

Sukawati, E. (2017). Peningkatan Keberanian Berbicara dan Kemampuan Membaca Grafik Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing. Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(2), 96–107.

Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDI-KA, 33(1), 11–20.

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susil-owati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasa-ri, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revi-talisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68.

Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Ling-kungan literasi di rumah pada anak pra sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7.

Article Metrics

Abstract view(s): 688 time(s)
PDF: 942 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.