Penguatan Karakter Islami melalui Kegiatan Pemberdayaan Keterampilan pada Anak Jalanan di Kota Parepare

Nasir Nasir(1), Henny Setiawati(2*), Asniar Khumas(3)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare
(2) Universitas Muhammadiyah Parepare
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract

Karakter sumber daya manusia yang berkualitas perlu dibina sejak usia dini agar anak terbiasa berperilaku positif. Kegagalan penanaman kepribadian yang baik di usia dini akan membentuk pribadi yang bermasalah di masa dewasanya kelak. Karakter sebagai sebuah pola, pikiran, sikap, baik itu pikiran, sikap, maupun tindakan yang melekat pada diri seseorang dengan sangat kuat dan sulit dihilangkan. Kelompok anak jalanan di kota Parepare memerlukan perhatian untuk dalam pembinaan karakter islami sejak dini. Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan karakter islami dan kebahagiaan anak jalanan di kota Parepare melalui kelompok belajar. Metode yang digunakan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter islami dan kebahagiaan pada anak jal-anan adalah metode kelompok belajar dengan 3 indikator keberhasilan (menghasilkan prakarya, kebahagiaan, dan karakter islami). Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok adalah pemberdayaan soft skill yang terintegrasi dengan menumbuhkan nilai-nilai karakter islami. Setiap kegiatan tersebut diintegrasikan penjelasan tentang hikmah dan manfaat belajar dan bekerja sama dalam kelompok bagi kehidupan mereka. Hasil dari kegiatan ini ada-lah terbentuknya karakter islami melalui perubahan perilaku, pergaulan, interaksi, dan peningkatan keterampilan kecakapan hidup.

Keywords

karakter islami; kebahagiaan; anak jalanan; kelompok belajar

Full Text:

PDF

References

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–173.

Dewi, N., & Putri, D. R. (2018). Peran Sistem Pendidikan Tinggi Dalam Melunturkan Karakter Jujur Mahasiswa. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 23–35.

Febriyanti, Desiyanti, A., Fadhilah, R., & Susilo, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling. Buletin Pengembanga Perangkat Pembelajaran, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19389

Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 215–225.

Hanifah, A. N. U., Haq, C. A., Suranto, S., Susilo, A., Zainuddin, A., & Khoirunnisa, I. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak dengan Memanfaatan Barang Bekas Hiasan Kain Flannel bagi Anak TPA Nurul Yaqin Desa Sugihan. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 144–151.

Jayanti, I. T., Cahyo, A. N., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69–79.

Khumas, A., & Halimah, A. (n.d.). BOLA MASAGENAE: Program Sociopreneur dan Rumah Literasi Bagi Kaum Dhuafa di Kota Parepare. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Maita, M., & Subhan, S. (2018). Peningkatan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100–106.

Muhibbin, A., & Sundari, S. (2017). Revitalisasi Perkuliahan Patroli Keamanan Sekolah untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial pada Mahasiswa PPKnSebagai Bekal Calon Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 48–61.

Nasution, M. D. N., & Nashori, H. F. (2007). Harga diri anak jalanan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1).

Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Romadhan, A. N., & Purwandari, E. (2020). Peran sanggar regoling ma’rifat dalam penanaman karakter pada anak di era digital. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 67–79.

Sobakhah, L. B., & Izzati, Z. A. (2018). Pelatihan Seni Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Di SDN Sukalela Bawean. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(2), 44–50.

Sofyan, A. M., & Tenripadang, A. (2017). Tanggung Jawab Negara Terhadap Anak Jalanan Pada Bidang Pendidikan. AL-MAIYYAH: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 10(1), 68–88.

Sukoco, B. (2016). Pendekatan Restoratif Justice Sebagai Upaya Penyelesaian Cybercrime Dengan Pelaku Anak (Studi Kasus Penyelesaian Tindak Pidana Anak Usia Sekolah). Law and Justice, 1(1), 54–64.

Widiasari, C., Almahi, H., Prasetyoningrum, D., Rohmatika, N. L., Sendy, E. N., Satria, Y. L., Permatasari, J. A. N., Grandis, R. T., Astara, A. R., & Kurniawan, M. E. (2020). Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 91–96.

Article Metrics

Abstract view(s): 159 time(s)
PDF: 105 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.