Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar

Ikrama Prasetya(1*), Elmira Tita Ulima(2), Ira Dwi Jayanti(3), Septia Gendis Pangestu(4), Riska Anggraeni(5), Sri Arfiah(6)

(1) Universitas Muhamamdiyah Surakarta
(2) Universitas Muhamamdiyah Surakarta
(3) Universitas Muhamamdiyah Surakarta
(4) Universitas Muhamamdiyah Surakarta
(5) Universitas Muhamamdiyah Surakarta
(6) Universitas Muhamamdiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Bimbingan Belajar sangat berperan penting bagi perkembangan belajar anak, karena tidak hanya apa yang diperoleh di sekolah saja, pembelajaran diluar sekolah mempunyai dampak yang cukup besar dan berpengaruh bagi motivasi belajar siswa. Pendidikan Non Formal diharapkan dapat menambah minat atau ketertarikan siswa dalam belajar. Didalam pendidikan non formal siswa di ajak belajar dengan metode yang berbeda dengan pendidikan formal pada umumnya, pendidikan non formal lebih santai dan atraktif dengan mengenalkan suatu hal baru atau apa yang mereka tidak paham dengan hal menarik, berbeda dengan pendidikan formal, belajar lebih menyenangkan dengan bermain game sebagai selingan dan juga sisipan dalam belajar. Siswa tidak hanya dituntut bisa menghafal tetapi juga harus paham dan tertarik, karena dengan tertarik siswa dengan sendirinya mencari tahu apa yang mereka tidak tahu. Untuk itu diterapkannya pembelajaran dengan metode belajar dan bermain sehingga dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran agar menjadi individu yang lebih kreatif dan juga aktif dalam berfikir dan juga memecahkan masalah.

Keywords

implementasi; bimbingan belajar; minat belajar

Full Text:

PDF

References

Abidin, Zainal. (2006). “Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar”. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol. 11 No. 1 April 2006: 34-48. P3M STAIN Purwokerto.

Ahmadi, Abu. 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1992. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah, Saiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fry, Ron. 1994. How to Study. Singapore: Published by Bussiness Tool Box.

Hallen. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru.

Mudzakir, Ahmad. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Prayitno. 1994. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan..

Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Silverman, Robert. E. 1969. Psychology. New York: Appleton Century Craft Educational Devision Meredith Corporation. Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: CV. Rineka Cipta.

Article Metrics

Abstract view(s): 8867 time(s)
PDF: 5569 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.