STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PROF MOCHAMAD SHOLEH Y.A ICHROM, Ph.D di PERGURUAN MUHAMMADIYAH KOTTABARAT SURAKARTA

Lutfi Hafid Ramadana(1*), Mohamad Ali(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan pemikiran strategi pendidikan Islam Prof. Mochamad Sholeh Y.A Ichrom, 2) mendiskripsikan bagaimana konsep pengembangan pendidikan Islam Prof. Mochamad Sholeh Y.A Ichrom dalam perumusan visi dan misi pendidikan di Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menitikberatkan pada proses metode analisis deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan tipe diskriptif yaitu untuk mendiskripsikan realitas atau fenomena. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis, yang digunakan untuk meneliti pemikiran tokoh dan mengungkap dibalik hakekat segala sesuatu yang nampak. Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut. (1) pemikiran pendidikan Prof. Mochamad Sholeh Y.A Ichrom tentang (a) konsep pengembangan pendidikan islam menurut Prof Sholeh merupakan suatu kegiatan untuk menjaga fitrah tauhid. (b) strategi pengembangan pendidikan islam menurut Prof. Mochamad Sholeh Y.A Ichrom merupakan konsep Ulul Albab. (2) visi dan misi pendidikan di Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta yaitu, Perguruan Muhammadiyah Kottabarat dalam merumusakan visi dan misi pendidikan sangat terinspirasi dengan pemikiran Prof. Mochamad Sholeh Y.A Ichrom. Yang ingin menjadikan lembaga sekolah yang unggul dalam ketauhidan dan keilmuan dan mengupayakan terwujudnya manusia yang berkualifikasi ulul albab. Untuk mewujudkan itu semua Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta  yang terdiri dari SD, SMP, dan SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggunakan kurikulum syariah yang terdiri dari lima elemen yaitu al-Quran, Hadits, Kurikulum nasional, Alam Indonesia, dan Perkembangan Internasional.

Keywords

Prof. Mochamad Sholeh Y.A Ichrom; Ulul Albab; Kurikulum Syariah

Full Text:

PDF

References

Abdullah. 2018, Ilmu Pendidikan Islam. Makassar: Alauddin University Press.

Achmadi. 2005, Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Akrim. 2020, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Bildung.

Ali, Mohamad (Ed). 2020 Interlude 20 Tahun Perguruan Muhammadiyah Kottabarat: Menampak Jejak, Memperkokoh Langkah, Menemukan Arah Baru. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Ali, Mohamad dan Istanto. 2019, Manajemen Sekolah Islam. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Ali, Mohamad dkk. 2017, Pedoman Penulisan Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ali, Mohammad dan Zaenal Abidin. 2017, Ilmu Pendidikan Islam: bernuansa keindonesian. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Anwar, Muhammad. 2017, Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Anwar, Syaiful. 2014, Desain Pendidikan Agama Islam: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: CV Idea Sejahtera.

Aziz, Rosmiaty. 2016, Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sibuku.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid III Juz 7-8-9. Jakarta: Penerbit Lentera Abadi.

Diyah Ayu Maharani, 2017. “Pemikiran Muhammad Quraish Shihab Mengenai Tujuan Penidikan Ilsam Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo.

Djumali, dkk. 2013, Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Faizal Amar, 2019. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Kh Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional” Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo.

Fattah, Santoso, 2005. “Sekolah Syariah dan Pendidikan Inklusi”. Dalam Profetika Jurnal Studi Islam. 168-183.

Forum Grup Discusion dengan tokoh-tokoh Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta pada tanggal 2 Juli 2021.

Hamka. 2004. Tafsir Al-Azhar Juz IV. Jakarta: Penerbit PT Pustaka Panjimas.

Hendro, Guru SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat dan Senior di Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta, hasil wawancara pada tanggal 19 April 2021.

Hidayat, Rahmat. 2016, Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Ichrom, Moch. Sholeh Y.A. 2007, Sains Syariah Buku Sumber : Murid Guru dan Orang Tua SD/MI Kelas 1. Surakarta: Pusat Riset Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Syariah.

Ichrom, Moch. Sholeh Y.A. 2020, Platform Ilmu Pendidikan Syariah: Menggerakan Tarbiyah untuk Optimalisasi Fitrah Tauhid sebagai Ikhtiar Meretas Generasi Ulul Albab. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Ilma ,Ayunia, dkk. 2019. “Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membangun Karater Siswa Di Era Digital (Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Abuddin Nata)”. Dalam Risallah jurnal pendidikan dan studi Islam. 2614-3275.

Mahdi, Adnan dan Mujahidin. 2014, Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis, & Disertasi. Bandung: ALFABETA.

Mahmud dan Tedi Priatna. 2005, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: SAHIFA.

Miftahur, Rohman dan Hairudin. 2018. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai sosial Kultural”. Dalam jurnal pendidikan Islam. 2528-2476.

Nur Salam, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, hasil wawancara pada tanggal 4 Agustus 2021.

Nur, Salam, 2018. “Pemikiran Pendidikan Islam Prof. Moch. Sholeh Y. A. Ichrom Tentang Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Surakarta”. Dalam Profetika Jurnal Studi Islam. 71-80.

Paryadi, 2015. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.

Purnomo, Hadi. 2010, Pendidikan Islam Integrasi Nilai-Nilai Humanasi, Liberasi, Transendensi: Sebuah Gagasan Paradigma Baru Pendidikan. Yogyakarta: Tangga Ilmu.

Saihu, 2019. “Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari”. Dalam Andragogi Jurnal pendidikan Islam.

Shihab, M Quraish. 2002, Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Siswanto. 2013, Dinamika Pendidikan Islam: Perspektif Historis. Surabaya: Pena Salsabila.

Article Metrics

Abstract view(s): 193 time(s)
PDF: 127 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.