KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF BJ. HABIBIE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Siti Sugiarti(1*), Syamsul Hidayat(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

BJ Habibie adalah seorang tokoh Nasional yang sangat konsen dengan perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, terkhusus perihal pendidikan karakter. Habibie menuturkan bahwa, pendidikan karakter harus dapat menguatkan IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), yang hingga saat ini masih sangat relevan digunakan sebagai acuan dalam dunia Pendidikan di era digitalisasi yakni memasuki era revolusi industri 4.0. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis tentang konsep Pendidikan karakter Perspektif BJ Habibie serta relevansinya terhadap Pendidikan Islam di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tawaran konsep yang disampaiakn oleh BJ Habibie terkait pendidikan karakter serta relevansinya terhadap pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan historis yakni menggunakan data masa lalu karya BJ. Habbie. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat relevansi konsep Pendidikan Karakter persepektif BJ Habibie terhadap Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0 yakni ditemukan keselarasan konsep Pendidikan Islam yang sangat kental diusung oleh BJ Habibie untuk menyongsong era revolusi industry 4.0 antara lain 1) Kecakapan berfikir dalam perkembangan IPTEK, 2) Religius, 3) Keterbukaan dalam berfikir, 3) Toleran terhadap ilmu pengetahuan, 4) Berkemajuan, 5) Progresif, 6) Iman dan taqwa. 

Keywords

Pendidikan karakter, karakter Perspektif BJ Habibie, Pendidikan Islam, Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Amin. 2006. Metodologi Penelitian Agama (Pendekatan Multidisipliner). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga.

Al-Qardhawi, Yusuf. 1980. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, terj. Prof. H Bustomi A Ghani dan Drs. Zainal Abidin Ahmad Jakarta: Bulan Bintang

An-Nahlawi, Abdurrahman. 1989. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro.

D, Setiawan. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter di Era Global, In Pendidikan Karakter di Era Global.

D, Lase. 2019. Pendidikan di Era RevolusiIndustri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 1(1).

Drajat, Dzakiyah.1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dinas P&K. 2003. Kamus besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Hadi, Sutrisno 2013. Metodologi Research. (Yogyakarta: Yasbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya dalam Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hidayatullah, M. Furqon. 2009. Guru Sejati : Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Bandung: Raja Grafindo Persada

H, Suwardana. 2018. RevolusiIndustri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2).

H, Prasetyo & Sutopo, W. 2018. Industri 4.0: Telaah Klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13 (1).

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gang Persada.

J, Lexy, Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XIX; Bandung: Remaja Rosdkarya.

K, Wiyono & Zakiyah, S. 2019. Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika.

Keliang, Zhou, L, Zhou & T, Liu. 2015 Industry 4.0: Towards Future Industrial Opportunities and Challenges: FSKD 2015: 15-17 August, Zhangjiajie, China. 12th International Conference on Fuzzy Systems and Knowledge Discovery.

Kementrian pendidikan Nasional dalam Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M, Hendayani. 2019. Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, (SL), 7(2).

Muhajir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.

N, Fadilah. 2019. Tantangan Dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era RevolusiIndustri 4.0, JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA), 2(02).

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

P, Larry. Puccy dan Narcia Narvaes. 2014. Hand Book Pendidikan Moral dan Karakter, (Terj) Imama Baihaqi dan Derta Sri Widowat. Bandung: Nusa Media Ujung Berung.

Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Rubini. 2019. “Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0”. Kumpulan Jurnal Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta.

Ricky, RZ, Wiranata,Satria. 2019.“Tantangan, Prospek Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0”. Kumpulan Jurnal Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Islam terpadu Yogyakarta.

S, Priatmoko. 2018. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2).

Sari, Intan. 2017. “Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami Dalam Novel Rudy “Kisah Masa Muda Sang Visioner” Karya Gina S Noer”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama IslamFakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sambutan Presiden dalam pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.

Sudewo, Erie. 2011. Best Charcter Bulding Menuju Indonesia Lebih Baik, Jakarta: Republika Penerbit.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Cet. IV. Bandung: Alfabeta.

Suharto. 2019. “Paradigma Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0”. Kumpulan Jurnal Pendidikan Islam, sekolah Tinggi Agam Islam Yogyakarta.

Sukiman. 2019. “Pembelajaran Mengungkapkan Kembali Isi Biografi BJ Habibie dan Pengaruhnya Pada Pembentukan Karakter Siswa”. (JE) Jurnal Ilmu Kependidikan.

Sunariyah. 23 februari 2018, 13:36 https://m.liputan 6.com/news/read/3313945/ini-pemicu-kenakalan-pelajar-yang-terjadi-beberapa-tahun-terakhir. Diakses pada Rabu, 11 Maret 2020, pukul 10:47

Syuhud, Kharis Mujahada 2019. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Kumpulan Jurnal Pendidikan Agama Islam, Mahasiswa Program Doktoral PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Syukri, Ahmad Billah Ghazali, Murtado, Moh, Jazari, Ibnu. 2020.”Pemikiran KH. Tholhah Hasan dan BJ. Habibie tentang Pendidikan Islam”. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam. Volume 5 Nomor 5. Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Malang.

Stratus, Anslem dan Corbin, Juliet. 2003. Dasar- dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tafsir, Ahmad. 2014. FilsafatPendidikan Islam Integrasi Jasmani dan Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uswatun, Farida Hasanah. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Mr. Crack dari Parepare dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru PAI”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan-IAIN Ponorogo.

Yahya, Muhammad. 2018. Orasi Ilmiah Profesor Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan. Universitas Negeri Makassar.

https://id.wikipedia.org/wiki/Konsep , diakses pada tanggal 29 agustus 2020, pukul 11.22 WIB

Article Metrics

Abstract view(s): 1191 time(s)
PDF: 488 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.