KARAKTERISTIK PENDIDIKAN PROFETIK DALAM AL-QURAN SURAH AL-AHZAB AYAT 45-46: Studi Komparatif Tafsir al-Baidhawi dan as-Sa’di

Barkah Abdurrohman(1*), Syamsul Hidayat(2), Muthoifin Muthoifin(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Di tengah krisis moral dan hilangnya sosok teladan dalam dunia Pendidikan saat ini, sudah selayaknya umat Islam berusaha melakukan transformasi dari sistem Pendidikan kapitalis yang berorientasi materialistis menuju sistem Pendidikan profetik yang telah diperjuangkan oleh Nabi Muhammad Saw., Pendidikan saat ini telah mendagradasi nilai-nilai kemanusiaan yang berorientasi pada materialistic semata dan menjauhi nilai-nilai spiritualitas. Pendidikan saat ini semakin menjauhkan manusia terhadap koratnya sebagai hamba Allah yang terikat pada ketentuan syari’atnya. Diperlukan sebuah upaya mengembalikan dan mengenalkan kembali Pendidikan profetik agar manusia dapat Kembali pada fitrahnya sebagai khalifah yang bertanggungjawab mengelola peradaban di Bumi.. Tulisan ini berbasis penelitian kualitatif dengan pendekatan tafsir. Data penelitian yang terdokumentasi dianalisa dengan metode analisa tafsir komparatif (tafsir muqaran). Penelitian yang dilakukan dibatasi pada dua ayat: Q.S. al-Ahzab [33]:45 dan 46. Hasil penelitian ini adalah al-Baidhawi dan al-Sa’di memiliki kesamaan definisi tentang 5 karakteristik Pendidikan profetik dalam menguak isi ayat tersebut; dan keduanya berbeda masa ketika menafsirkan ayat tersebut. Akan tetapi, keduanya memberikan standar pendiidikan Islam yang diaplikasikan oleh seluruh stakeholder Pendidikan untuk mengikuti langkah-langkah pendidikan profetik. sehingga terwujud Pendidikan Islam yang kuat, maju, menggembirakan, dan menjadi pelita alam semesta.

Keywords

Karaktersitik, Profetik, Tafsir Al-Qur’an, Pendidikan Islam, Al-Baidhawi, Al-Sa’di.

Full Text:

PDF

References

Al-Baqi, Muhammad Fuad ‘Abd, al-Mu’jam al-Mufahras li al-Qaz{i al-Qur’an alKarim (Bandung: CV Diponegoro, t.th).

Al-Baidhawi, Al-Imam Nasser ad-Din, Anwar at-Tanzil wa Asrar at-Ta’wil, (cet. Ke-7; Beirut: Dar al Khotob al-Ilmiyah, 2018)

Al-Qattan, Manna, Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an, (Jakarta Timur: Pustaka al-Kautsar, 2008).

Al-Sa‘di , ‘Abd al-Rahman Ibn Nasir, Taisir al-Latif al-Mannan fi Khulash Tafsir al-Qur’an (Cet. I; Riyad}: Maktabah al-Rusydi, 1423).

_______, Taisir al-Karim al-Mannan fi Tafsir al-Qur’an. Terj. Oleh Muhammad Iqbal dkk. Jilid I.

_______, Taisir al-Karim al-Mannan fi Tafsir al-Qur’an. (Darussalam: Kerajaan Saudi Arabia, 2002).

Baidan, Nashruddin, Metodologi Penafsiran Al-Quran, (Surakarta: Sosial Agency, 1997).

Boang, Aisyah, Mozaik Pemikiran Islam: Bungan Serampai Pemikiran Pendidikan Indonesia, (Jakarta: Dirjen Dikti, 2011).

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedia Islam jilid 1, (Jakarta: Ihtiar Baru Van Hoeve, 1997).

Faris, Ahmad bin, Maqayis al-Lughah, Juz III (t.tp: Ittihad al-Kitab al-‘Arb, 2002).

Hadi, Sutrisno, Metode Research, (Yogyakarta: Mandar Maju, 1990).

Hasbullah, ‘Karakteristik Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali’, Aṣ-Ṣibyan, 3.2 (2018), hlm. 81–88

Kaelan, Metode Penelitian kualitatif Interdisipliner bidang Sosial,Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humaniora, (Yogyakarta: Paradigma, 2012) cet ke 1.

Media, 2009).

Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).

Roqib, Moh., Filsafat Pendidikan Profetik. (Purwokerto: Pesma An-Najah Press.2016).

Santosa, Arif, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Yogyakarta: Mahkota Kita, 2018).

Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Vol.XI (Cet.I, Jakarta: Lentera Hati,2005).

_______, Ensiklopedia al-Qur’an kajian kosakata, jilid III (Cet.I, Jakarta: Lentera Hati,2007).

Suawid, Muhammad Nur Abdul Hafizh, Prophetic Parenting, terj (Yogyakarta: Pro-U

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung, Alfabeta, 2018).

Yusuf (dkk), Muhammad, Studi Kitab Tafsir: menyuarakan teks yang bisu (Yogyakarta: Teras, 2004).

Yusuf, Prof. Dr. A. Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Jakarta: Prenadamedia Grup, 2014) cet ke 1.

Article Metrics

Abstract view(s): 429 time(s)
PDF: 331 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.