Efektifitas Pembacaan Buku Cerita Bergambar sebagai Metode Pencegahan Kekerasan Seks Pada Anak

Choiriyah Widyasari(1*), Siti Zuriah Ariatmi(2), Nur Hidayat(3)

(1) PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengukur hasil belajar anak mengenai pemahaman terhadap Kekerasan Seksual pada Anak (KSA) baik yang diberikan metode storytelling maupun metode ceramah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model eksperimen yang dilaksanakan selama satu tahun. Subjek penelitian adalah siswa TK Al Islam Jamsaren Surakarta dan TK BA Aisyiyah Grogol Sukoharjo. Pengambilan subjek dilakukan secara random sampling, yaitu sampel diambil secara acak (random). Selanjutnya data-data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menemukan bahwa hasil belajar anak mengenai KSA menunjukkan bahwa kelompok I (mean= 22.75) anak memiliki pemahaman mengenai KSA yang lebih tinggi jika dibanding dengan kelompok II (mean= 20.28). Pemberian perlakuan berupa metode storytelling (X) dibandingkan dengan metode ceramah (Y) memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan dalam mengembangkan hasil belajar anak terhadap KSA anak siswa. Hal ini membuktikan pemberian perlakuan dengan metode storytelling lebih efektif dalam mengembangkan pemahaman anak mengenai KSA.

Keywords

metode storytelling, kekerasan seksual pada anak, pelatihan guru

Full Text:

PDF

References

Baginsky, M & Macpherson, P. (2015). Training Teachers to Safeguard Children: Developing a Consistent Approach. Child Abuse Review, 14, 317-330.

Bolen, R. M. (2013). Child Sexual Abuse: Prevention or Promotion. Burlington: Social Work, 48, 2

Cecen-Erogul, A.R. & Harisci, O.K. (2013). The Effectiveness of Psychoeducational School-based Child Sexual Abuse Prevention Training Program on Turkish Elementary Students. Educational Sciences: Theory & Practice, 13, 2, 725 – 729.

Daro, D.A. (1994). Prevention of Child Sexual Abuse.Journal.Sexual Abuse of Children, 4,2.

Doyle, B.G. & Bramwell, W., 2006. Promoting Emergent Literacy and Socialemotional Learning Through Dialogic Reading. The Reading Teacher, 59(6), pp.554–564

Hoffman, M.L., 1984. Interaction of affect and cognition in empathy. In C. E. Izard, J. Kagan, & R. Zasone, eds. Emotions, Cognition, and Behavior. New York: Cambridge University Press, pp. 103–131.

Kinnear, K.L. (2007). Childhood Sexual Abuse (second edition). Santa Barbara: ABC-CLIO, Inc.

Olafson, E. (2011). Child Sexual Abuse: Demography, Impact, and Intervention. Journal of Child & Adolescent Trauma, 4, 8 – 21.

Oswald, P.A., 1996. The Effects of Cognitive and Affective Perspective-Taking on Emathic Concern and Altruistic Helping. The Journal of Social Psychology, 136, pp.613–624.Doyle & Bramwell (2006)

Paramastri, I., dkk. (2007). Media Komik Bergambar sebagai Prevensi Dini Kekerasan Seksual pada Anak-anak.Laporan Akhir Hasil Penelitian: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Sullivan, K., Cleary, M., & Sullivan, G. (2004). Bullying in Secondary Schools What It Looks Like and How to Manage It. London: Paul Chapman Publishing.

Article Metrics

Abstract view(s): 1331 time(s)
PDF: 702 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.