Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Biologi Dengan Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kendari
Miswandi Tendrita(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W., Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). Addison Wesley Longman. Inc. :New York.
Cahyani, A.P., Putra S., Zulaikha S. 2014. “Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD”, Jurnal Mimbar PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1, Tahun 2014.
Dewiatmini, P. 2010. Upaya Meningkakan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Farkah. 2008. Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Aktivitas Belajar Biologi dengan Strategi Learning Contract Materi Pokok Sistem Gerak pada Mausia Kelas XI IPA MAN Wonkromo, Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Hamdani, D., Kurniati E., Sakti I. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu”. Jurnal Exacta, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Vol. 10, No. 1, Juni 2012.
Hamzah B.U. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara: Jakarta.
Hanafi, D., Waslaluddin, Fitrajaya, E. 2011. “Penerapan Blog dengan Menggunakan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi”, Jurnal Pendidikan Ilmu Komputer, (Jurnal tidak diterbitkan), Universitas Pendidikan Indonesia.
Hasanah, I. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Hayati. 2013. Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tutor Sebaya Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi di SMA Srijaya Negara Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan MIPA Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Inderlaya. Universitas Sriwijaya.
Masykur, Khanafiyah, Handayani, L. 2006. “Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya pada Siswa Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Vol. 4, No. 2, Juli 2006.
Mulyono, Zaenuri, Firmansyah, T.D. 2012. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII”. Jurnal Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Vol. 1, No. 2, Tahun 2012.
Rumisih. 2012. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas VIII B Semester II SMP Nasional Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Semarang.
Saputro, S., Haryono, Widyaningsih, S. 2012. “Model MFI dan Pogil Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kreatif Siswa Terhadap Prestasi Belajar”. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Vol. 1, No. 2, Tahun 2012.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grasindo. Persada: Jakarta.
Sudjana, N.2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Tarsito: Bandung.
Syah, M.. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Usman dan Setiawati. 1993. Evaluasi Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Usman dan Setiawati. 2001. Evaluasi Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Warsiti. 2011. “Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Dasar IPA Tentang Tata Surya dengan Menerapkan Metode SQ3R”. Jurnal PGSD (Jurnal tidak diterbitkan), Program Studi PGSD FKIP-UNS Surakarta.
Article Metrics
Abstract view(s): 1443 time(s)PDF: 2976 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.