Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Berbasis HOTS Di Kelas VII MTs. Khozinatul ‘Ulum

Widya Chilyatun Choirul Ummah(1), Rita Pramujiyanti Khotimah(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial berbasis HOTS di kelas VII MTs. Khozinatul ‘Ulum . Jenis penelitian ini kualitatif dengan desain studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis, sedangkan subyeknya adalah Siswa Kelas VII MTs. Khozinatul ‘Ulum. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis siswa, wawancara untuk mengklarifikasi jawaban siswa yang berhubungan dengan kemampuan berpikir kritis secara langsung, dan dokumentasi untuk mendokumentasikan hasil tes dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan  verifikasi data. Hasil dari penelitian ini: 1) siswa kategori tinggi sudah mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis, yaitu elementary clarification, basic support, inference, advanced clarification, dan strategies and tactics pada semua nomor soal. 2) Siswa kategori sedang mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis, yaitu elementary clarification, basic support, inference, advanced clarification, dan strategies and tactics pada soal nomor 1. Pada soal nomor 2, siswa kurang mampu memenuhi indikator elementary clarification dan strategies and tactics, siswa mampu memenuhi indikator basic support, serta siswa belum mampu memenuhi indikator inference dan advanced clarification. Pada soal nomor 3, siswa kurang mampu memenuhi indikator elementary clarification dan siswa mampu memenuhi indikator basic support, inference, advanced clarification, serta strategies and tactics. 3) Siswa kategori rendah belum mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis, yaitu elementary clarification, basic support, inference, advanced clarification, dan strategies and tactics pada semua nomor soal.

Keywords

Kemampuan Berfikir Kritis; HOTS; Aritmatika Sosial

Full Text:

PDF

References

Ahmad, D. N., Setyowati, L., Pujaning, A., & Suhendri, H. (2020). Analisis Sistem Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 8(1), 11. https://doi.org/10.22373/biotik.v8i1.6600

Barnett, J. E., & Francis, A. L. (2012). Using higher order thinking questions to foster critical thinking: A classroom study. Educational Psychology, 32(2), 201–211. https://doi.org/10.1080/01443410.2011.638619

Desania, F., Sinaga, B., Lubis, A., & Syahputra, E. (2020). Analysis of students’ critical thinking skills through problem-based learning approach using HOTS questions in SMA N 13 medan. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 131–137.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilitiesi. Retrieved November 20, 2019, from https://education.illinois.edu/docs/default-source/faculty-documents/robert-ennis/thenatureofcriticalthinking_51711_000.pdf

Faridah, E., & Artono. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal Hots (Higher Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-Ips Sman 2 Sidoarjo. Avatara, 7(3).

Halpern, D. F., & Dunn, D. S. (2021). Critical Thinking: A Model of Intelligence for Solving Real-World Problems. Journal of Intelligence, 9(2), 22. https://doi.org/10.3390/jintelligence9020022

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas Xi Sma Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 21–24. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1610

Nurnugroho, B. A. (2012). Aplikasi Sederhana Matematika dalam Kehidupan Kita. PT Balai Pustaka.

Oesmolos, M., & Ratu, N. (2019). Profil Higher Order Thinking Skill Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 53–61.

Pitriani, Y., & Ocktaviani, N. N. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.656

Puspendik. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS (Asrijanty & D. Hadiana, Eds.). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Rahayu, E. C., Suparmi, & Sarwanto. (2020). The critical thinking ability profile of grade X SMA N 2 Kudus. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3), 8–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032086

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sidiq, Y., Ishartono, N., Desstya, A., Prayitno, H. J., Anif, S., & Hidayat, M. L. (2021). Improving elementary school students’ critical thinking skill in science through hots-based science questions: A quasi-experimental study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 378–386. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.30891

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.

Susilowati, Y., & Sumaji, S. (2021). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 62. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2850

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2)(2), 89–100. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9436

Tanudjaya, C. P., & Doorman, M. (2020). Examining higher order thinking in Indonesian lower secondary mathematics classrooms. Journal on Mathematics Education, 11(2), 277–300. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.11000.277-300

Widana, I. W., Parwata, I. M. Y., Parmithi, N. N., Jayantika, I. G. A. T., Sukendra, K., & Sumandya, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24–32. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74

Article Metrics

Abstract view(s): 672 time(s)
PDF: 881 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.