Penggunaan Kartu ‘Superhero’ untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SLB B YPALB Karanganyar

Farida Yuliati(1*)

(1) SLB B YPALB Karanganyar
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatan penguasaan kemampuan membaca anak tunarungu kelas 1 SLB – B melalui penggunaan kartu superhero. Subyek penenlitian 3 siswa kelas 1 SLB – B YPALB Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus 1, Anak mengalami peningkatan nilai setelah dilakukan kegiatan membaca dengan kartu superhero. Sebelum dilakukan tindakan, rata-rata nilai kemapuan membaca anak, 5,33 atau berada pada rentang 40% < P ≤ 60% atau cukup. Setelah dilakukan tindakan siklus 1, rata-rata nilai anak meningkat menjadi 7,16 atau berada pada rentang 60% < P ≤ 80% atau baik. Namun masih ada anak yang memperoleh nilai kurang dari 6 pada kompetensi membaca kata, sehingga perlu dilakukan tindakan siklus 2. Setelah dilakukan tindakan siklus 2 rata – rata nilai anak meningkat menjadi 8 atau berada pada rentang 60% < P ≤ 100% atau tinggi, dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai kurang dari 6. Kesimpulan penelitian, penggunaan kartu superhero dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak tunarungu kelas I SLB-B YPALB Karanganyar.

Keywords

Anak tunarungu; kartu superhero; kemampuan membaca

Full Text:

PDF

References

DP. Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca. Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung:Angkasa

Dalwadi. 2002. Pengaruh Penerapan Metode SAS Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi S1 Pada Jurusan PLB FIP UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Iqmal. 2010. Superhero. Iqmal.staff.ugm.ac.id/index.php/, diakses 5 Agustus 2010

Lani Bunawan dan Maria Cecilia SY. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu.Jakarta:Yayasan Santi Rama

Mufti Salim.1984. Pendidikan Anak tunarungu. Jakarta:Depdikbud

Nur Farikatul Fitriyah. 2009. Penggunaan Media Kartu Huruf dan Kartu Kata pada Ssiswa Kelas 1 SDN 01 Sudimoro. Jurnal Penelitian. Diakses tanggal 3 Agustus 2010

Suharsimi Arikunto. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan kelas. Yogyakarta:Pustaka book publisher.

Sutama, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif. PTK, R & D, Surakarta, Fairuz Media.

Sutama, 2014. Penelitian Tindakan : PTK, PTS dan PTBK. Surakarta : Fairus Media ‘Duta Permata Ilmu”.

Wahab, R. 2003. Diktat Mengenal Anak Berkelainan. Yogyakarta: PLB/FIP/IKIP Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 774 time(s)
PDF: 576 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.