Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Supermik Pinter di SMP Binaan Kabupaten Sragen

W. Warjito(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis Kurikulum 2013melalui “SUPERMIK PINTER” yaitu supervisi akademik dengan pendampingan individual terprogram. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan subyek guru-guru di 5 SMP binaan yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2017/2018 yaitu SMP Negeri 1 Gemolong, SMP Negeri 1 Sidoharjo, SMP Negeri 1 Sukodono, SMP Negeri 2 Sukodono dan SMP Negeri 1 Gesi berjumlah 25 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Waktu penelitian selama 3 bulan yaitu Agutus sampai dengan Oktober 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan SUPERMIK PINTER tersebut kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis Kurikulum 2013 mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan data kualitas RPP guru sebagai berikut: kondisi awal: cukup: 25 orang (100%), baik: tidak ada (0%) dan amat baik: tidak ada (100%); siklus I: cukup: tidak ada (0%), baik: 19 orang (76%) dan amat baik: 6 orang (24%); sedangkan siklus II: cukup: tidak ada (0%), baik: tidak ada (0%) dan amat baik: 25 orang (100%). Berdasarkan kajian teori dan hasil tindakan, simpulan hasil penelitian bahwa “SUPERMIK PINTER”dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013 di 5 SMP binaanKabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018.

Keywords

kompetensi pedagogik; supervisi akademik; RPP berbasis Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References

Daresh, J.C. 1989. Supervision as a Proactive Process. White Plains. NY: Longman.

Departemen Pendidikan Nasional.Penelitian Tindakan Sekolah. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta.

Fadhillah, M. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA.Yogyakarta.Ar-Ruzz Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2017. Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan. Dikdasmen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013. Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 untuk Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Supervisi Akademik. Program Pengawas Sekolah Pembelajar Tahun 2016. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan. Dikdasmen.

Madyo Eko Susilo. 2012. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bidang Kepengawasan.Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah. Jakarta.

Mahfud. 2013. Langkah Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS/PTKP).

Mulyasa, E. 2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator.Jakarta : Binamitra Publishing.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Supardi, Suhardjono. 2013. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan Permenpan dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009.Yogyakarta.Penerbit Andi Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Guru Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usaid Prioritas. 2013. Praktik yang Baik dalam Fasilitasi dan Pendampingan. Modul Pelatihan. Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 1899 time(s)
PDF: 1027 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.