E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa

Much. Fuad Saifuddin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap e-learning dan berbagai aspek yang dibutuhkan mahasiswa saat menggunakan e-learning. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan teknik kuesioner terhadap mahasiswa pendidikan biologi FKIP UAD angkatan 2015 dan 2016 yang dipilih secara acak; dan teknik deskriptif digunakan sebagai alat analisisnya. Hasil analisis menunjukkan, mahasiswa 98,8% mahasiswa mengetahui e-learning, 86,3% mendukung pelaksanaan e-learning, dan 77% menyatakan puas dengan pelaksanaan pembelajaran dengana e-learning. Selaiin itu, menghasilkan persepsi mahasiswa e-learning bermanfaat, dapat meningkatkan motivasi, memudahkan memahami materi, membantu kesiapan dalam perkuliahan. Berdasarkan analisis e-learning dalam pengertian mahasiswa memiliki aksesibilitas yang tinggi yaitu 91%, dengan penggunaan ringan 83%. Penilaian baik Persepsi mahasiswa terhadap e-learning, memberikan peran yang besar dalam pelaksanaan pembelajaran dengan e-learning, yang dapat dilakukan dengan pola blendedlearning sebagai bentuk pembelajaran yang mengkolaborasikan e-learning dengan tatap muka.

Keywords

Aksesibilitas; e-learning; kepuasan; motivasi; persepsi mahasiswa

Full Text:

PDF

References

Aziz, A. L., Al Musadieq, M., & Susilo, H. (2013). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Terhadap Kemanfaatan pada Sikap Pengguna E-Learning. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/78252-ID-pengaruh-kemudahan-penggunaan-terhadap-k.pdf

Balaji, R., Al-Mahri, F., & Malathi, R. (2016). A Perspective Study on Content Management in E-Learning and M-Learning. eprint arXiv:1605.02093. Retrieved from http://arxiv.org/abs/1605.02093

Bath, D., & Bourke, J. (2010). Getting Started with Blended Learning. Queensland: Griffith University. Retrieved from http://tdu.nmmu.ac.za/Blended-Learning

Donnelly, R., & McSweeney, F. (2009). Applied E-Learning and E-Teaching in Higher Education. Applied E-Learning and E-Teaching in Higher Education. https://doi.org/10.4018/978-1-59904-814-7

Garraway-Lashley, Y. (2014). Integrating computer technology in the teaching of Biology. International Journal Of Biology Education, 3(2). https://doi.org/10.20876/ijobed.93986

Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems:Definition, Current Trends, and Future Directions. In Handbook of blended learning Global perspectives local designs (pp. 3–21). San Francisco: CA: Wiley. https://doi.org/10.2307/4022859

Hamid, A. A. (2001). e-Learning: Is it the “e” or the learning that matters? The Internet and Higher Education, 4(3–4), 311–316. https://doi.org/10.1016/S1096-7516(01)00072-0

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. JURNAL BIOEDUKATIKA, 5(1), 12–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Ling, L. H. (2007). Community of inquiry in an online undergraduate information technology course. Journal of Information Technology Education, 6, 153–168. https://doi.org/Article

Muzid, S., & Munir, M. (2005). Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan e-Learning sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia). In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005) (Vol. 2005, p. 8). Yogyakarta.

Nugroho, S. (2012). PROFESIONALISME GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG Suatu tinjauan aspek persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135–146. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/710/441

Sapari, Y., Saleh, A., & Maksum. (2009). Pemanfaatan Media Komunikasi Prima Tani, Aksesibilitas Kelembagaan Tani, dan Persepsi Petani tentang Teknologi Agribisnis Industrial Pedesaan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 7(1). Retrieved from http://ilkom.journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/5679/4308

Shank, P. (2008). Thinking Critically to Move e-learning Forward. In S. Carliner & P. Shank (Eds.), The e-Learning handbook: past promises, present challenges. San Francisco: Pfeiffer.

Singh, G., O ’donoghue, J., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal Journal of University Teaching & Learning Practice, 2(1). Retrieved from http://ro.uow.edu.au/jutlp

Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(2), 9–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4148

Wicaksono, S. R. (2015). Computer Supported Collaborative Learning Berbasis Blog. Malang: Seribu Bintang.

Article Metrics

Abstract view(s): 38522 time(s)
PDF: 42171 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.