Meningkatkan Ketrampilan Menyusun PTK Melalui Pembimbingan Guru Kelas VIII SMP Binaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018
S. Subakdi(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas merupakan bukti kinerja guru profesional.
Tindakan yang dilakukan itu merupakan akibat adanya masalah-masalah yang
dihadapi di kelas dan dilakukan dengan teroganisir. Tujuan penelitian adalah untuk
meningkatkan ketrampilan menyusun PTK melalui pembimbingan guru. Subyek
penelitian adalah enam guru di sekolah binaan yaitu dua guru kelas VIII di SMP N 2
Sidoharjo, dua guru kelas VIII di SMP N 2 Kedawung, satu guru kelas VIII di SMP
N 1 Jenar, dan satu guru kelas VIII di SMP N 1 Gondang. Waktu penelitian dilakukan tanggal 18 Juli 2017 sampai dengan tanggal 31 Desember 2017. Penelitian dilakukan melalui tindakan pembimbingan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau evaluasi, dan refleksi. Hasil Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan Pengawas adalah terdapat kenaikan ketrampilan guru menyusun PTK setelah dibimbing dari 53% menjadi 80%, terdapatnya hasil laporan PTK 6 eksemplar atau 100%, dan tindakan pembimbingan tampak maksimal dengan skor 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketrampilan guru SMP kelas VIII di SMP binaan kabupaten Sragen Semester I tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyusun PTK dapat ditingkatkan melalui pembimbingan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdikbud. (1993). Pedoman Bimbingan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar,
Dirjendikdasmen.
Dirjen PMPTK. (2009). Bahan Belajar Mandiri Kelompok, Kerja Kepala Sekolah, Penelitian
Tindakan Sekolah, Dirjen PMPTK, Depdiknas.
Dirjen PMPTK. (2010). Penelitian Tindakan Sekolah, Materi Pelatihan Penguatan
Keterampilan Kepala Sekolah, Ditendik, Dirjen PMPTK, Kementrian Pendidikan
Nasional.
Imron Ali. (2009). Penelitian Tindakan Sekolah untuk Kepala Sekolah dalam rangka
Peningkatan Kinerja Pembelajaran, Dirjen PMPTK, Depdiknas.
Permendiknas Nomor 39 tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas
Satuan Pendidikan.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta :
Bumi Aksara.
UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zainudin, M., Puspananda, D.R. (2015). Efektivitas Direct Instruction Dengan Involving
Students In Self-And Peer Evaluation Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya
Kognitif. Varia Pendidikan, 27( 2):192-199.
Article Metrics
Abstract view(s): 461 time(s)PDF: 689 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.