Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali
Atiqa Sabardila(1), Arif Rahman Fachri(2*), Eric Santoso(3), Ninik Nur Aini(4), Mila Safitri(5), Dita Meinindya Putri(6), Novita Aisah Damayanti(7), Linda Hermawati(8), Adisti Nur Pratiwi(9), Ria Safira(10)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fajri, Nurul, Anwar Yoesoef, Muhammad Nur. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Strategi Joyful Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSN Meuraxa Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1): 98-109.
Kristanti, hana Septiana. (2018) “Peningkatan Kecakapan Berkomunikasi Kelas 6 dengan Talking Stick Berbantuan Salindia”. Scolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3): 293-301
Muslimah, Umi. (2017). “Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Implementasi Active Learning Tipe Talking Stick. Basic Education, 6(12): 1.175-1.182. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/10366
Mustikasari, Mariska, Isnani, Purwo Susongko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika”. JurnalPendidikan MIPA Pancasakti, 1(1): 65-71.http://e-journal.ups.ac.id/index.php/jpmp
Nurdyansyah, N.,& Widodo, A. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pour, Agustina Novitasari, Lovy Herayanti, Baiq Azmi Sukroyanti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1): 36-40.
Puspitawangi, Kadek Rai, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. (2016). “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio terhadap Hasil Belajar IPS Siswa”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1): 1-12. https://ejournal.undiksha.ac.id
Sagala. S. (2016). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sari, Swastika, Astuti Wijayanti. 2017.“Talking Stick: Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Kerja Sama Siswa”. Wacana Akademika, 1(2).
Siregar, S. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Konsep Sistem Indera”. Jurnal Biotik, 3(2): 100-106. https://jurnal.ar-raniry.ac.id
Supriyono, H., Adhantoro, M. S., & Rahmadzani, R. F. (2018). Developing Mobile Interactive Learning Media with Educational Game for Supporting Javanese Letters Learning. Advanced Science Letters, 24(12), 9173-9177.
Article Metrics
Abstract view(s): 1340 time(s)PDF: 1316 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.