Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali

Atiqa Sabardila(1), Arif Rahman Fachri(2*), Eric Santoso(3), Ninik Nur Aini(4), Mila Safitri(5), Dita Meinindya Putri(6), Novita Aisah Damayanti(7), Linda Hermawati(8), Adisti Nur Pratiwi(9), Ria Safira(10)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Proses belajar-mengajar merupakan suatu cara guru dan murid berinteraksi dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik minat belajar siswa. Untuk itu, guru sangat penting memilih metode pembelajaran supaya siswa semangat dan termotivasi untuk belajar di sekolah. Metode talking stick yang telah diterapkan di MIM Jatisari, Kedongdowo, Boyolali merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan antusiasme dan pemahaman belajar siswa. Aplikasi metode ini telah menjadikan siswa dengan mudah memahami apa yang mereka pelajari, membuat siswa aktif di dalam kelas, mendapat kesempatan yang sama karena mendapat giliran memegang tongkat yang mengharuskan mereka menjawab pertanyaan guru, dan berpengalaman mengekspresikan pendapatnya di kelas. Metode ini berbeda dengan metode yang biasa digunakan oleh guru di MIM Jatisari tersebut. Metode ini lebih santai dan sesuai untuk siswa yang sulit memahami materi, serta dapat merangsang keingintahuan siswa dalam mendalami pengetahuan. Hal tersebut diharapkan mampu mengembalikan fokus siswa dalam belajar dan membuat siswa dapat memahami materi dengan mudah.

Keywords

proses belajar-mengajar; talking stick; pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF

References

Fajri, Nurul, Anwar Yoesoef, Muhammad Nur. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Strategi Joyful Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSN Meuraxa Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1): 98-109.

Kristanti, hana Septiana. (2018) “Peningkatan Kecakapan Berkomunikasi Kelas 6 dengan Talking Stick Berbantuan Salindia”. Scolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3): 293-301

Muslimah, Umi. (2017). “Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Implementasi Active Learning Tipe Talking Stick. Basic Education, 6(12): 1.175-1.182. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/10366

Mustikasari, Mariska, Isnani, Purwo Susongko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika”. JurnalPendidikan MIPA Pancasakti, 1(1): 65-71.http://e-journal.ups.ac.id/index.php/jpmp

Nurdyansyah, N.,& Widodo, A. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pour, Agustina Novitasari, Lovy Herayanti, Baiq Azmi Sukroyanti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1): 36-40.

Puspitawangi, Kadek Rai, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. (2016). “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio terhadap Hasil Belajar IPS Siswa”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1): 1-12. https://ejournal.undiksha.ac.id

Sagala. S. (2016). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, Swastika, Astuti Wijayanti. 2017.“Talking Stick: Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Kerja Sama Siswa”. Wacana Akademika, 1(2).

Siregar, S. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Konsep Sistem Indera”. Jurnal Biotik, 3(2): 100-106. https://jurnal.ar-raniry.ac.id

Supriyono, H., Adhantoro, M. S., & Rahmadzani, R. F. (2018). Developing Mobile Interactive Learning Media with Educational Game for Supporting Javanese Letters Learning. Advanced Science Letters, 24(12), 9173-9177.

Article Metrics

Abstract view(s): 1213 time(s)
PDF: 1223 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.