Penguatan Generasi Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter bagi Siswa, Guru, dan Tendik MIM Janti Klaten

Ahmad Muhibbin(1), Wibowo Heru Prasetiyo(2), Ridwan Cahya Saputra(3*), Wiwin Novita Sari(4), Yuliana Indah Fatmawati(5), Risang Galih Pramudika(6), Annisa Laylatun Nashiroh(7), Hariyanti Hariyanti(8), Nonik Wulan Sawitri(9), Aulia Indah Saputri(10), Farizki Yunarta(11), Husna Imro’atush Sholihah(12)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(11) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(12) STKIP Muhammadiyah Blora
(*) Corresponding Author

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045. Di mana Generasi Emas 2045 merupakan generasi yang ditunggu bangsa Indonesia. SDM berkualitas dapat diwujudkan melalui dunia pendidikan untuk berupaya mewujudkan generasi cerdas, kreatif, dan berkarakter. Cerdas dan kreati saja tidaklah cukup untuk mewujudkan generasi emas yang berkualitas, diperlukan juga adanya pendidikan karakter. Oleh karena itu, dalam kegiatan KKN-Dik mengacu pada pengupayaan generasi cerdas, kreatif, dan berkarakter melalui program kerja kami. Diharapkan dengan adanya program kerja KKN-Dik dapat membantu sekolah dalam inovasi pembelajaran untuk mempersiapkan Generasi Emas 2045 yang lebih baik.

Keywords

berkarakter; cerdas; kreatif

Full Text:

PDF

References

Battelle for Kids. (2019). Frameworks & Resources. http://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources

Budiarti, Yesi. 2015. Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3, No. 1. Hal. 61-72 (ISSN: 2242-9949)

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press.

Effendy, Muhadjir. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. (diakses online melalui: https://www.kemendikbud.go.id/ main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional diakses pada: 5 Maret 2020 pukul 18.25)

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional [Strengthening Character Education Becomes an Entry Point for Improving National Education]. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional

Manullang, Belferik. 2013. Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, No. 1. Hal. 1-14.

Prayitno. 2010. Potensi Pembelajaran Kooperatif dalam Memberdayakan Prestasi Belajar Siswa. (diakses online melalui: http://baskoro1.blogspot.com pada 3 Maret 2020 pukul 19.30)

Rianto, Hadi. 2015. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Membangun Generasi Cerdas Berkarakter. Jurnal Pendidikan sosial, Vol. 2, No. 1. Hal. 14-21.

Rosita, Lita Rara. (2018). Perancangan Sistem Laporan Akuntansi Laporan Keuangan Standar PSAK 45-s. Accounting Information System and Information Technology Business Enterprise. Vol 03, No.01. Hal. 262-274 (P-ISSN: 2252-9853 diakses online melalui https://search.unikom.ac.id/ index.php/aisthebest/article/ view/1817/1209 pada 3 Maret 2020 Pukul 19.20).

Soedarsono, Soemarmo. 2009. Karakter Mengantar Bangsa dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Article Metrics

Abstract view(s): 1108 time(s)
PDF: 985 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.