Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar

Jeni Nur Cahyati(1*), Febri Setiani(2), Suharyanto Suharyanto(3), Husna Imro’atush Sholiha(4), Giyoto Giyoto(5)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) STKIP Muhammadiyah Blora
(5) Fakultas Adab dan Bahasa, Universitas Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Kelas 6 SD memerlukan perhatian khsusus dalam pendampingan kegiatan belajar karena akan melaksanakan Penilaian Akhir Ta-hun (PAT) sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Tim KKN-Dik FKIP UMS melakukan pengabdian di SD Muhammadiyah Program Khusus Tumang pada 1 Februari sampai 6 Mareet 2021. Salah satu program yang diusung ialah pem-berdayaan kelompok belajar untuk kelas 6. Pemberdayaan ke-lompok belajar home visit dengan sistem four day four places. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendalaman materi kelas 6, khususnya Tematik dan Matematika. Strategi kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu identifikasi karakateristik siswa di setiap kelompok belajar, penerapan sistem four day four places dengan dua tempat dalam satu hari, dan pendampingan kelompok belajar siswa dengan metode interaktif. Hasil kelompok belajar dengan four day four places dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Penggunaan metode number heads together untuk Tematik, membuat siswa aktif dan berani mengutarakan pendapat. Metode cerdas cermat untuk Ma-tematika, efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berhitung, karena terdapat aspek kompetensi di dalamnya. Kegiatan kelompok belajar sistem four day four places dengan penggunaan metode interaktif penting untuk ditindaklanjuti ka-rena efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa.

Keywords

four day four places; kelompok belajar; materi ajar; metode interaktif

Full Text:

PDF

References

Aristoteles, Aristoteles., Efendi, N. Febri-ansyah, F. E., Lukito, W., & Firman-syah. (2018). Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Berbasis Android Universitas Lampung. Jurnal Kom-putasi, 6(2), 1-10. doi:10.23960%2Fkomputasi.v6i2.1655

Djamdjuri, D., Simorangkir, S., & Wulandari, D. (2018). Mem-berdayakan Keilmuan dan Kreatifitas Sumber Daya Manusia Disertai Pema-haman akan Pentingnya Menjaga Lingkungan. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.32832/abdidos.v2i3.184

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelaja-ran. Manazhim, 2(1), 105-117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Num-bered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Ke-budayaan, 7(1), 1-9.

Leasa, M., Talakua, M., & Batlolona, J. R. (2016). The development of a the-matic module based on Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model for elementary stu-dents in Ambon, Moluccas-Indonesia. New Educational Review, 46(4), 174-185.

Mokhtar, N. H., Halim, M. F. A., & Kamarul-zaman, S. Z. S. (2011). The effective-ness of storytelling in enhancing communicative skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 18, 163-169.

Nasution, Mardiah Kalsum. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 9 - 16, mar. 2018. ISSN 1978-8169. Available at: .

Nurtani, Ni Wayan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Home Visit Da-lam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Masa Covid 19 Pada Ke-las II SD Negeri Bumiraharjo, Lam-pung Tengah. Cetta: Jurnal Ilmu Pen-didikan, 3(3o). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/840

Partono, P. (2020). Efektivitas Metode Cerdas Cermat Cepat dan Tepat (C3T) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fikih. Jurnal Muara Pendidi-kan, 5(1), 478-487. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.239

Permata Sari, N., & Juniarti, Y. (2019). Evaluasi Peserta Didik Menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 107-113. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.838

Prayitno, Joko Harun., dkk. (2018). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pendidi-kan (KKN-Dik) Edisi III. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Ratih, K., Syah, M., Nurhidayat, N., Jarin, S., & Buckworth, J. (2021). Learning Pat-terns during the Disruptive Situation in Informal Education: Parents’ Ef-forts and Challenges in the Adjust-ment of Progressive Learning. Indo-nesian Journal on Learning and Ad-vanced Education (IJOLAE), 3(3), 180-193. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i3.15151.

Suprapti, S., & Indrati, E. (2018). Belajar Kelompok Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 48. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2193.

Syah, M. F. J., Amalia, N., Utami, S. B., As-tuti, N. D., & Rohmadi, M. (2021). Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 45-53.

Rangki, L., Alifariki, L. O., & Dalla, F. (2020). Upaya Pencegahan dan Pe-nanggulangan Transmisi Covid 19 Melalui Program KKN Tematik Maha-siswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 266-274. doi:10.30994/jceh.v3i2.78

Uno, H., & Yustianti, F. (2007). Profesi kependidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics

Abstract view(s): 237 time(s)
PDF: 279 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.