Penggunaan Kartu Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi

Kani Rahmawanti(1*), Sri Sundari(2), Sutama Sutama(3), Naufal Ishartono(4), Mohammad Waluyo(5), Ilham Sunaryo(6), Aditya Nur Cahyo(7)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Aisyiyah Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengabdian ini mengembangkan media belajar berupa kartu angka dengan tujuan untuk membantu peserta didik dalam menghafalkan perkalian menggunakan bantuan media tersebut. Metode pelaksanaan ini menggunakan metode advokasi yaitu sebuah usaha untuk menciptakan (to create) yang baru atau yang belum ada dalam konsep kebijakan publik. Kegiatan pendampingan belajar menggunakan kartu angka  dilaksanakan selama satu bulan bertempat di Dusun Gurjugan, Kupang, Karangdowo, Klaten. Analisis data yang digunakan ialah kualitatif dengan hasil peningkatan hafalan perkalian oleh peserta didik. Penggunaan media kartu angka sangatlah efeftif diterapkan pada mata pelajaran matematika khususnya dalam meningkatkan hafalan perkalian. Respon yang diberikan peserta didik saat melakukan pembelajaran menggunakan media kartu angka ini cukup positif, peserta didik tampak aktif, antusias.

Keywords

kartu perkalian; media pembelajaran; masa pandemi

Full Text:

PDF

References

Acharya, B. R. (2017). Factors affecting difficulties in learning mathematics by mathematics learners. Interna-tional Journal of Elementary Educa-tion, 6(2), 8–15.

Adam, S. & M. T. S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Ke-las X SMA Ananda Batam. Dlalam CBIS Journal, 3(No 2:79).

Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the concept of Meaning-ful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2017-0691

Bencana, B. N. . (2020). Gugus Tugas Perepatan Penanganan Covid-19.

Detikcom, T. (2020). Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Corona di RI Tambah 3.308 Per 29 Agustus. Detik.Com, hal. 1.

Firdausy, A., Setyaningsih, N., Ishabu, L., & Waluyo, M. (2019). The Contribution of Student Activity and Learning Facilities to Learning Independency and it’s Impact on Mathematics Learning Outcomes in Junior High School. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 29-37. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8104

Greene, G. (1992). Multiplication Facts: Memorization Made Easy. Http://Dx.Doi.Org/10.1177/105345129202700304, 27(3), 150–154. https://doi.org/10.1177/105345129202700304

Hickendorff, M., Torbeyns, J., & Verschaf-fel, L. (2019). Multi-digit addition, subtraction, multiplication, and divi-sion strategies. In International handbook of mathematical learning difficulties (pp. 543–560). Springer.

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Ka-sus Pertama Virus Corona di Indo-nesia. Kompas.Com, hal. 1.

Ishartono, N., & Nurcahyo, A. (2018). Studi Kasus Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powerpoint Karya Mahasiswa Semester 6 Prodi Pendidikan Matematika Ums. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 141. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6624

Kemensesneg RI. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Vi-rus Disease 2019 (Covid-19). In Peraturan Pemerintah Republik In-donesia (Vol. 21). https://doi.org/10.4324/9780367802820

Kromminga, K. R., & Codding, R. S. (2020). A comparison of 1: 1 flash-cards and a tablet app on student mathematics proficiency. Journal of Behavioral Education, 1–26.

Makarim, N. A. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok b di tk pembina bang-kinang kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62–71.

Nunes, T., & Csapó, B. (2011). Develop-ing and assessing mathematical rea-soning. In Framework for diagnostic assessment of science (pp. 17–56).

Nurcahyo, A., Ishartono, N., Faiziyah, N., Utami, N. S., Sari, C. K., & Aryuana, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ber-basis Geogebra Terintegrasi Google Classroom Bagi Guru-Guru Ma-tematika SMA/SMK Muhammadi-yah Kabupaten Klaten. Proceeding of The URECOL, 50–57.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Prawono, P. (2010). Panduan Praktis Advokasi Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Penerbit Pusaka Indonesia.

Reafani, S. L., Fatmawati, F., & Irdamurni, I. (2018). Media Puzzel Kartu Ang-ka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 13–18.

Rhymer, K. N., Dittmer, K. I., Skinner, C. H., & Jackson, B. (2000). Effective-ness of a multi-component treat-ment for improving mathematics fluency. School Psychology Quarter-ly, 15(1), 40.

Skarr, A., Zielinski, K., Ruwe, K., Sharp, H., Williams, R. L., & McLaughlin, T. F. (2014). The Effects of Direct In-struction Flashcard and Math Race-track Procedures on Mastery of Basic Multiplication Facts by Three Elementary School Students. Educa-tion and Treatment of Children, 37(1), 77–93. https://doi.org/10.1353/ETC.2014.0007

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan oto-motif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (1), 77–91.

Toyib, M., & Ishartono, N. (2018). An Analysis of the Possibility of Origami Implementation in Mathematics Learning Process in Indonesia. 2nd International Conference on Educa-tion Innovation (ICEI 2018), 146–151.

Vergnaud, G. (1983). Multiplicative struc-tures. In R. L. and M.Landau (Ed.), Acquisition of Mathematics Con-cepts and Processes. Academic Press.

Waris, A., Atta, U. K., Ali, M., Asmat, A., & Baset, A. (2020). COVID-19 out-break: current scenario of Pakistan. New Microbes and New Infections, 35, 100681.

Wulandari, P. D., Wirya, N., Tirtayani, L. A., & Psi, S. (2014). Penerapan Numbered Head Together Berban-tuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undik-sha, 2(1).

Article Metrics

Abstract view(s): 664 time(s)
PDF: 1799 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.