Pemberdayaan Tokoh Masyarakat Tellu Boccoe dalam Mengantisipasi Penyalahgunaan Narkoba pada Generasi Milenial

Sulfikah Sulfikah(1), Ismail Ismail(2), Nurlinda Nurlinda(3), Yardina Yardina(4), Fardiansyah Fardiansyah(5), Andi Nur Asrah Bahar(6), Andi Tenri Pada(7), Fakhril Hasan(8), Ahmad Amien Rusda(9), Andi Tenri Sua(10*), Andi Hajar(11), Muhammad Rifaat Adiakarti Farid(12), Bayu Hendro Wicaksono(13)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(8) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(9) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(10) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(11) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
(12) Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
(13) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract

Penyalahgunaan narkoba adalah ancaman terbesar yang dihadapi oleh negara Indonesia saat ini khususnya bagi kalangan generasi milenial. Penyalahgunaan narkoba ini sebagian besar disebabkan karena kalangan milenial dibebaskan dalam mengakses jaringan internet sehingga komunikasi antar jejaring sosial lebih mudah terbentuk. Selain itu, kurangnya pengawasan dari pihak keluarga dan lemahnya pendidikan karakter anak di sekolah menjadi pemicu utamanya. Permasalahan narkoba di Indonesia memerlukan perhatian khusus dari setiap kalangan, khususnya para tokoh masyarakat. Pemberdayaan tokoh masyarakat dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba diwujudkan dengan memberikan penyuluhan keagamaan untuk membangun pribadi generasi yang berakhlak mulia, melakukan sosialisasi atau penyuluhan dampak dan bahaya penggunaan narkoba, hingga pada pemberlakuan pendidikan karakter kepada tiap generasi muda. Mitra dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah kepala desa Tellu Boccoe, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bone dan Tokoh Masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi koordinasi, persiapan dan pelaksanaan seminar. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pelaksanaan seminar akan bahaya penyalahgunaan narkoba ini memberikan manfaat dan pengetahuan kepada masyarakat khususnya para tokoh masyarakat. Para tokoh masyarakat telah mampu mengenali tanda-tanda anak terjerat penyalahgunaan narkoba. Di samping itu sebagai bentuk tindak lanjut dalam kegiatan ini, pemerintah desa Tellu Boccoe menyusun strategi dengan melakukan penyuluhan rutin kepada sekolah- sekolah di desa terkait dengan pendidikan karakter agar generasi muda terhindar dari perilaku menyimpang yang mampu menjerumuskan ke dalam bahaya narkoba.

Keywords

generasi milenial; pemberdayaan masyarakat; penyalahgunaan narkoba

Full Text:

PDF

References

Andriawan, R. R. (2023). Penerapan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Dan Perhatian Khusus Terhadap Generasi Milenial. Jurnal Media Administrasi, 8(1), 1–12.

Anwar, F., & Rosadi, K. A. K. I. (2021). PENGUATAN KELUARGA BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI MEWUJUDKAN KARAKTER MILENIAL SEHAT TANPA NARKOBA. Jurnal Ar-Rahmah, 1(1), 48–65.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Sholeh, M., & Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157–170. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i2.17068

Bangsawan, M. I. (2017). Penyalahgunaan Narkoba Sebagai Kejahatan Terhadap Hak Asasi Manusia Yang Berdampak Terhadap Keberlangsungan Hidup Manusia. Jurnal Jurisprudence, 6(2), 89–99.

Daryono, B. S., Purnomo, P., Sidiq, Y., & Maryanto, S. D. (2016). Pengembangan sentra budidaya melon di Pantai Bocor Kabupaten Kebumen melalui implementasi education for sustainable development. Bioeksperimen: Jurnal Penelitian Biologi, 2(1), 44–53.

Dwijaya, A., Firdaus, S. H., & Elfarisna, E. (2022). Penyuluhan Bahaya Penggunaan Narkoba Pada Masyarakat Di Desa Curug Wetan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj, 1(1).

Hanandini, D., Indraddin, I., Pramono, W., & Anggraini, N. (2021). Pemberdayaan tokoh masyarakat dan institusi lokal untuk mencegah generasi milenial menyalahgunakan narkoba. Warta Pengabdian Andalas, 28(4), 456–465.

Huwae, L. M. C., Salamor, S., Bandu, S. J. A., Silaratubun, K., Mainake, H. A., & Hukubun, R. D. (2022). Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkoba Bagi Generasi Milenial Di SMP Negeri 11 Ambon. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 111–118.

Kristiono, N., & Astuti, I. (2018). PENANAMAN NASIONALISME PELAJAR MILENIAL TANPA NARKOBA MELALUI PEMENTASAN MONOLOG. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 3(2), 134–141.

Luthfiyah, R., Hidayat, A., & Choirunniam, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Generasi Islam Milenial. Tarbawi, 9(1), 59–82.

Mardin, H., Hariana, H., & Lasalewo, T. (2022). Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Peserta Didik SMP Negeri 4 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(1), 9–15.

Megantara, A., & Syafryadin, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pencegahan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba Pada Masyarakat Desa Kuti Agung Kabupaten Seluma. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 84–89.

Mufa’adhi, A., & Endah Sudarmillah, S. T. (2016). Game anti narkoba berbasis multi-platform. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhibbin, A., Prasetiyo, W. H., Saputra, R. C., Sari, W. N., Fatmawati, Y. I., Pramudika, R. G., Nashiroh, A. L., Hariyanti, H., Sawitri, N. W., & Saputri, A. I. (2020). Penguatan Generasi Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter bagi Siswa, Guru, dan Tendik MIM Janti Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 50–55.

Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., Indriyani, N., Safitri, I., Ayu, F. D., & Aji, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95–99.

Nurseha, M., Shobron, S., & Ali, M. (2020). Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrad Karya Al-Imam Abu Abdillah Muhammad Ibn Ismail Al-Bukhari. Profetika: Jurnal Studi Islam, 20(2), 154–167.

Nursyifa, A. (2020). Pencegahan Perilaku Menyimpang Akibat Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja Millenial di Pulau Untung Jawa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1110–1121.

Prasetya, R. A., & Pribadi, F. (2021). Akses Pendidikan Masyarakat Urban Pasca Penerapan Sistem Zonasi di Surabaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(1), 32–42.

Prayitno, H. J., Kusmanto, H., Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Jamaluddin, N., Samsuddin, S., & Ilma, A. A. (2019). The Politeness Comments on The Indonesian President Jokowi Instagram Official Account Viewed From Politico Pragmatics and The Character Education Orientation in The Disruption Era. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 52–71. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8785

Prihartanti, N. (2007). Peran Psikologi Klinis dalam Pengkajian Perilaku Menyimpang pada Remaja. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi.

Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2019). eWOM pada generasi Z di sosial media. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(2), 70–80.

Sayektiningsih, S., Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Manajemen Pendidikan, 12(3), 228–238.

Supriyono, L. (2020). Peran Orang Tua dalam Menyikapi Gadget dan Implikasinya terhadap Penyimpangan Perilaku Seksual Anak. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(2), 159–166.

Thambu, N., Prayitno, H. J., & Zakaria, G. A. N. (2021). Incorporating Active Learning into Moral Education to Develop Multiple Intelligences: A Qualitative Approach. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 17–29. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10064

Triyono, A. (2014). Pemberdayaan Masyarakat melalui community development program posdaya (pos pemberdayaan keluarga) PT. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap.

Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat.

Yamin, N., & Samsudin, M. (2021). UPAYA MENGURANGI KECEMASAN KOMUNIKASI PADA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN SEMINAR TESIS. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(2), 331–336.

Yuliandari, D., Arfan, I., Trisnawati, E., Alamsyah, D., & Rizky, A. (2022). HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN DBD. Jurnal Kesehatan, 15(2), 132–136.

Yunus, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Madinah Kebumen Tahun 2014. Profetika: Jurnal Studi Islam, 16(2), 181–193.

Zabda, S. (2017). Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Falsafah Negara dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karater Bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 106–114.

Article Metrics

Abstract view(s): 227 time(s)
PDF: 167 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.