SMART E-Learning dengan Pendekatan STEAM-3R Bagi Guru dalam Mewujudkan Program School Well-Being

Rusnilawati Rusnilawati(1*), Farizky Rahman(2), Arief Cahyo Utomo(3), Umi Fadlilah(4), Putri Pramesti Hening(5), Edi Susanto(6), Bambang Harmanto(7)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Bengkulu
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract

STEAM merupakan pendekatan interdisipliner yang mengarahkan siswa untuk menggunakan Sains (Science), Teknologi (Technology), Teknik (Engineering), Seni (Art) dan Matematika (Mathematics) dalam konteks masalah nyata. Model pembelajaran Flipped Learning menjadi model pembelajaran inovatif yang dilaksanakan secara hybrid atau blended dengan berbagai platform e-leaning dan aplikasi seperti Liveworksheet. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2023 dengan 34 peserta guru sekolah dasar. Hasil observasi pada beberapa SD di Surakarta menunjukkan penggunaan teknologi masih belum optimal. Sekolah yang sudah Terakreditasi A masih kesulitan dalam menerapkan teknologi pembelajaran e-learning. Selain itu, permasalahan sampah merupakan hal yang tidak asing lagi dibicarakan terutama di daerah perkotaan seperti Kota Surakarta. Program 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) merupakan salah satu prinsip utama dalam pengelolaan sampah berwawasan lingkungan. Integrasi pendekatan STEAM-3R dapat menjadi sebuah inovasi untuk implementasi pengelolaan sampah di Sekolah Dasar. Tahap pelatihan meliputi, sosialisasi pembelajaran, penyuluhan pengembangan, koordinasi pembuatan video, koordinasi pembuatan kelas e-learning, dan koordinasi penerapan. Materi yang diberikan meliputi: implementasi pendekatan STEAM, Flipped Learning, Canva, Liveworksheet, dan Kantin Pasta. Pelatihan ini memberikan hasil, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran inovatif, meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan kelas E-learning, meningkatkan kemampuan dalam mendesain video interaktif. Hasil dari pelatihan memberikan dampak yang sangat baik terhadap program school well-being melalui penerapan tugas project berbasis 3R berbantuan aplikasi liveworksheet

Keywords

flipped learning; smart e-learning; STEAM-3R

Full Text:

PDF

References

Abduh, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 121–132.

Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., Pamungkas, I., & Susiati, S. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam project based learning melalui temu pendidik daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90–98.

Amien, E. R., Novita, D. D., Telaumbanua, M., & Wisnu, F. K. (2023). PENGENALAN KONSEP 3R ( REDUCE , REUSE , RECYCLE ) DALAM PENINGKATAN KESADARAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR KHOIRU UMMAH KOTA BANDAR LAMPUNG Introduction of the 3R ( Reduce , Reuse , Recycle ) Concept to Increase Environmental Awareness in Khoiru Ummah Elem. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, 2, 7–12.

Anif, S., Sutama, S., Prayitno, H. J., & Sukartono, S. (2020). Evaluasi Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Pertama. Manajemen Pendidikan, 14(2).

Anugrahanto, N. C. (2023). Warga Terdampak Banjir di Kota Surakarta Bertambah. Kompas.

Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran Ips Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–51.

Chaeruman, U. A. (2018). Mendorong Penerapan E-Learning Di Sekolah. Jurnal Teknodik, 025–031. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.417

Dwiputra, D. F. K., Azzahra, W., & Heryanto, F. N. (2023). A Systematic Literature Review on Enhancing the Success of Independent Curriculum through Brain-Based Learning Innovation Implementation. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(3), 262–276.

Effendi, Z. M., Effendi, H., & Effendi, H. (2017). The role of locus control and learning styles in the development of the blended learning model at PSU. International Journal of GEOMATE, 13(7), 75–80. https://doi.org/10.21660/2017.37.TVET025

Falloon, G., Hatzigianni, M., Bower, M., Forbes, A., & Stevenson, M. (2020). Understanding K-12 STEM Education: a Framework for Developing STEM Literacy. Journal of Science Education and Technology, 29(3), 369–385. https://doi.org/10.1007/s10956-020-09823-x

Febriyanti, R., Rahayu, N. V. A., Pitaloka, W. D., Yakob, A., & Samsuri, M. (2023). Edukasi Pemilahan Sampah sebagai Upaya Penanganan Masalah Sampah di SD Muhammadiyah Baitul Fallah Mojogedang. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 37–45.

Gómez-García, G., Marín-Marín, J. A., Romero-Rodríguez, J. M., Navas-Parejo, M. R., & Jiménez, C. R. (2020). Effect of the flipped classroom and gamification methods in the development of a didactic unit on healthy habits and diet in primary education. Nutrients, 12(8), 1–15. https://doi.org/10.3390/nu12082210

Gumartifa, A., Syahri, I., Siroj, R. A., Nurrahmi, M., & Yusof, N. (2023). Perception of Teachers Regarding Problem-Based Learning and Traditional Method in the Classroom Learning Innovation Process. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 151–166.

Haiyudi, H., & Art-In, S. (2021). Challenges, strategies, and solutions of teaching Bahasa Indonesia in COVID-19 crises: Case in Khon Kaen University. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 142–152.

Hamid, A., & Effendi, H. (2019). Flipped Classroom sebagai Alternatif Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(1.1), 81. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.105414

Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9272

Ishartono, N., Nurcahyo, A., Waluyo, M., Razak, R. A., Sufahani, S. F., & Hanifah, M. (2022). GeoGebra-Based Flipped Learning Model: An Alternative Panacea to Improve Students’ Learning Independency in Online Mathematics Learning. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 7(3), 178–195.

Karyani, U. (2016). Merancang perubahan di sekolah untuk menjadi sekolah yang mempromosikan kesehatan mental. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 48–60.

Kemendikbud. (2023). Data Pokok Pendidikan SD Kota Surakarta. Kemendikbud.

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2).

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82.

Khoir, A. K. (2021). Penggunaan Media Beruang Antik Berbasis STEAM pada Materi Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 176–186. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.249

Listiaji, P., Widianingrum, R. A., Saputri, A. A. I., & Rahman, N. F. A. (2022). PjBL Model assisted by Smartphone Sensors to Improve Critical Thinking Skills of Prospective Science Teachers. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(3), 246–256.

Marsidik, M., Sayuti, M., & Kuat, T. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN KEPEMIMPINAN GURU WALI KELAS UNTUK PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN BIMBINGAN KARIER SISWA. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32(1), 81–95.

Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).

Priyantini, M. V. D., Sumardjoko, B., Widyasari, C., & Hidayati, Y. M. (2021). STEAM Oriented Science Learning Management During The COVID-19 Pandemic. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 130–143.

Regina, B. D., Suwandayani, B. I., Kuncahyono, K., & Rusnilawati, R. (2022). Pendampingan optimalisasi kompetensi guru dalam merancang pembelajaran tematik berorientasi STEAM di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1489–1494. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7952

Rusnilawati, R., Hidayat, M. T., Hazima, A. A., Tadzkiroh, U., Kusuma, R. R., Putri, R. S., Nugroho, S., & Sujalwo, S. (2023). Pelatihan Flipped Learning dengan Pendekatan STEM di SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 108–122.

Rusnilawati, R., Sutama, S., Binti Ali, S. R., Mohamad Hanapi, M. H., & Rahman, F. (2023). The Implementation of Flipped Learning Model and STEM Approach in Elementary Education: A Systematic Literature Review. European Journal of Educational Research, 12(4), 1795–1814. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.4.1795

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2). https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79–83.

Siregar, S., Yanty, Y. E., Yuli, R., & Suyono, S. (2023). The Impact of an Integrated STEAM Project Delivered via Mobile Technology on the Reasoning Ability of Elementary School Students. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 410–428.

Sugiyarti, S., Fitriani, N., & Vebrian, R. (2019). Penulisan artikel ilmiah untuk guru sekolah dasar se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1294

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., F, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2019). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49.

Sutama, S., & Fajriani, I. N. (2022). Media Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Varidika, 33(2), 129–140.

Syahmani, S., Hafizah, E., Sauqina, S., Adnan, M. Bin, & Ibrahim, M. H. (2021). STEAM approach to improve environmental education innovation and literacy in waste management: bibliometric research. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 130–141.

Wijayanti, P. A. K., & Sulistiobudi, R. A. (2018). Peer Relation Sebagai Prediktor Utama School Well-Being Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 17(1), 56. https://doi.org/10.14710/jp.17.1.56-67

Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) materi kelistrikan untuk sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 199–210.

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335

Article Metrics

Abstract view(s): 158 time(s)
PDF: 105 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.