Pengenalan Hafalan Al-Qur'an dengan Metode Zahrawain untuk Meningkatkan Ketangguhan Literasi Anak

Rini Fatmawati(1*), Sri Slamet(2), Isnaini Budi Hastuti(3), Suherman Suherman(4), Rita Rahmaniati(5), Azmi Khusnani(6)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Agroteknologi, Universitas Muhammadiyah Parepare
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Maumere
(*) Corresponding Author

Abstract

Menghafal Al-Qur'an adalah usaha untuk membiasakan seorang mukmin dengan kitab sucinya. Menumbuhkan minat anak untuk menghafal Al Qur’an memang tidak semudah yang dibayangkan. Anak-anak di PPWNI (Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia) Klang Selangor, Malaysia terlihat tidak mampu menghafal surat-surat pendek dalam Al-Quran. Hal ini dikarenakan kurangnya dukungan bersekolah dari keluarga. Padahal, mereka adalah calon-calon generasi penerus bangsa Indonesia yang patut dibanggakan. Untuk mengatasi permasalahan di atas, tim pengabdi ini mengadakan kegiatan dalam bentuk pengenalan hafalan Qur’ an dengan metode Zahrawain bagi anak-anak di PPWNI Klang Malaysia. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, pelatihan dan evaluasi. Dampak dari program ini adalah anak-anak tidak hanya bisa menghafal Al Qur’an saja tetapi juga dapat membaca surat yang mereka hafal. Dari hasil kegiatan dapat dilihat bahwa sebagian besar anak-anak sudah hafal dan hanya sedikit yang belum hafal surat An-Naas. Selanjutnya efek dari hafalan Al Qur’an tersebut berdampak pada ketangguhan literasi hafalan dan bacaan mereka.

Keywords

hafalan Al Qur’an; kerohanian; metode zahrawain

Full Text:

PDF

References

Ahmad, S. (2004). Mendidik anak menulis, membaca, dan mencintai Al-Qur’an. Jakarta. Gema Insani.

Ahsin W. Alhafidz. 2017. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Quran. Wonosobo: Bumi Aksara.

Ainiyah, A. F., Rani, P. O., Irianti, R., Wahyudi, M. E., Pita, N., Intantri, M. S., ... & Murgiyanti, M. (2023). Pembudayaan Membaca Kritis dan Menulis Kreatif bagi Siswa Sanggar Bimbingan Sentul Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 144-154

Akbar Zainudin. 2015. Man Jadda Wajada: The Art of Excellent Life. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Annisatul

Al-Kahlil, A. D., & Al-muqoffi, U. Q. N. (2010). Hafal Al-Qur'an tanpa nyantri: cara inovatif menghafal Al-Qur'an. (Strategi Belajar Mengajar Penterjemah: Ummu Qadha Nasbah Al-Muqoffi). Solo: Pustaka Arafah.

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.

Badwilan, A. S. (2009). Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an.DIVA Press

Hamdani. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamruni. 2019. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta. Familia, 3..

Hashim, A. (2015). Correlation between strategy of Tahfiz learning styles and students performance in Al-Qur’an memorization (Hifz). Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(2 S5), 85.

Hojjati, A., Rahimi, A., Farehani, M. D., Sobhi-Gharamaleki, N., & Alian, B. (2014). Effectiveness of Quran Tune on Memory in children. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 114, 283-286.

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjati pohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100-106.

Munjahid. 2017. Strategi Menghafal Al-Qur’ an 10 Bulan Khotam (Kiat Sukses Menghafal Al-Qur’ an. Yogyakarta: IDEA Press

Nasir, N., Setiawati, H., & Khumas, A. (2022). Penguatan Karakter Islami melalui Kegiatan Pemberdayaan Keterampilan pada Anak Jalanan di Kota Parepare. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 153-160.

Nawaz, Nazia and Farhana Syeda Jahangir. 2015. “ Effect of Memorizing Quran by Heart (Hifz) on Later Academic Achievement.” Journal of lslamic Studies and Culture 3(1):.58-64. doi: 10.15640/jisc.v3n1a8.

Nisa, S. A., Khoirunisya, V., Putri, S. F., Saputri, N. A., Prakoeswa, F. R. S., Betanursanti, I., & Zamawi, Z. (2023). Penanaman Literasi Dasar melalui Media Kotak Kata pada Anak Didik di Sanggar Bimbingan Hulu Langat Malaysia. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 111-118.

Qori, M. Taqiyul Islam. 2008. Cara Mudah Menghafal Al-Qur’ an. Jakarta: Gema Insani. Rauf, Abdul Aziz. 2014. Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’ an Da’ iyah. Jakarta: Gema Insani.

Ramdani, S. P., Prayitno, H. J., Wibowo, E. A., Suciana, F., Haryanti, R. S., & Shohenuddin, S. (2023). Peningkatan Literasi, Pengembangan Calistung, dan Pengenalan Budaya Indonesia pada Siswa-Siswi SB Sentul Malaysia. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 95-102.

Sa’ dulloh. 2018. 9 Cara Praktis Mengafal Al-Qur’ an. Jakarta: Gema Insani Press.

Saputri, P. Y., Prayitno, H. J., & Syaadah, H. (2023). Upaya Mahasiswa KKN-Dik dalam Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa melalui Lomba Kemerdekaan. Buletin KKN Pendidikan, 5(1).

Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., Kholisatul‘Ulya, N., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 36-48

Sholihah, A. Q. A., Octaviani, F. R., Anif, S., & Sutopo, A. (2021). Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran pada Hafalan Doaharian Anak di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 41-50.

Sirojuddin AS. 2015. Tuntutan Membaca Al-qur’ an dengan Tartil. Bandung, Mizan.

Slamet, S. (2019). The effect of memorizing Quran on the children cognitive intelligence. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(3), 571-575.

Syaiful Sagala. 2017. Konsep dan Makna pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Syamsul Huda Rahmadi. 2017. Dinamika Model Pendidikan di Era Globalisasi. Surakarta: Deka Media.

Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2015). Model-model pembelajaran inovatif dan efektif.

Thambu, N., Prayitno, H. J., & Zakaria, G. A. N. (2021). Incorporating active learning into moral education to develop multiple intelligences: A qualitative approach. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 17-29.

Zakaria, G. A. N., Mahalle, S., Abdullah, N. Z. M., Ghozali, M. A., & Nuramalia, M. (2022). Burnout and Job Satisfaction Among Islamic Religious Knowledge Teachers in Brunei Darussalam. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(1), 92-106.

Article Metrics

Abstract view(s): 47 time(s)
PDF: 47 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.