Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Buletin KKN Pendidikan

BULETIN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN adalah buletin yang mempublikasikan kegiatan pengembangan dan implementasi inovasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Buletin ini menfasilitasi luaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan – pengembangan perangkat pembelajaran dan asisten guru yang diterbitkan oleh Pusat Studi PLP FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lingkup kajian Buletin ini  adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: (a) penyusunan perangkat pembelajaran, (b) pengembangan perangkat pembelajaran, (c) Implementasi perangkat pembelajaran, (d) inovasi pembelajaran, (e) pengenalan model-model pembelajaran, (f) asistensi guru mengajar, (g) praktek pengalaman mengajar, dan (h) pemberdayaan pembelajaran yang lainnya dalam konteks pembelajaran di era komputasi global.

Program PLP II ini dalam era disrupsi pendidikan ini menjadi sangat berperan karena hakikatnya yang bertujuan untuk: (a) menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, (b) menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru, (c) menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru, (d) membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi, (e) menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, (f) latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP II, dengan tujuan mengalami langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik; (g) melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler; dan (h) membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru.

Buletin ini terbit dua kali dalam setahun. Periode Juli dan Desember. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengundang penulis, pelaksana, dan/atau inisiator pembelajaran untuk berkontribusi pada buletin ini sebagai sumbangan berbagi pengalaman pengembangan pembelajaran untuk memajukan pendidikan dalam konteks perubahan pendidikan.

Buletin ini telah terindex Google Scholar, Dimention, dan Garuda.


IDENTITAS JURNAL

Nama Jurnal

:

Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Nomor e-ISSN

:

2721-3404

Publisher

:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Surakarta

Alamat Editorial

:

Jalan Ahmad Yani Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah Indonesia 57162

Telp

:

(0271) 717417 Eks. 2197 | 2130

Email

:

[email protected]

Terbitan Pertama

:

2019

Announcements

 

Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran has accredited SINTA 5

 

We are thrilled to share some exciting news with all members of our esteemed institution. The Ministry of Education, Culture, Research, and Technology has officially accredited our publication, "Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran," with a SINTA 5 ranking.

 
Posted: 2023-08-01 More...
 

Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023

Table of Contents

Articles

Sinta Devi Kusuma Ardi   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Anatri Desstya   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
Ririn Dewi Karmila   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Andi Haris Prabawa   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Susiati Susiati   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
Alfianza Wijaya Kusuma   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Christina Kartika Sari   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
Julia Larasati   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Hariyatmi Hariyatmi   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Siti Rohmi   SMPN 1 Bancak, Indonesia,
Novi Alya Fatharani   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Kurnia Hannyda Umamy   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
Eriza Putri Ayu Ning Tias   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Koesoemo Ratih   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Santhyami Santhyami   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
Zayyinatul Janani   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Adi Nur   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF
Adelia Noer Karisma   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Latifa Rumambarsari   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Nova Setyowati   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
Dias Aziz Pramudita   Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
PDF